sveosportu.com

10 Momen Penentuan Gelar di Pekan Terakhir Liga Inggris

Manchester City berhasil menjadi juara Liga Inggris (Premier League) 2023-2024. (Hendy Andika/Skor.id).

- Liga Inggris (Premier League) musim 2023-2024 telah usai, Manchester City telah dipastikan kembali menjadi juara setelah mengarungi persaingan sengit.

Tercatat ada enam tim berbeda yang pernah mendudukui posisi puncak klasemen Liga Inggris musim ini, sebelum akhirnya Manchester City keluar sebagai juara.

Keenam tin tersebut adalah Manchester City, Arsenal, Liverpool, Tottenham Hotspur, Brighton, dan Newcastle United.

Namun, persaingan antara Manchester City dan Arsenal dalam memperebutkan gelar juara Liga Inggris hingga pekan terakhir, menjadi momen menarik di musim ini.

Penentuan gelar juara Liga Inggris era Premier League pada laga pekan terakhir bukan kali ini saja terjadi.

Termasuk musim 2023-2024, sudah 10 kali gelar pemilik gelar Liga Inggris harus ditentukan hingga pertanidngan terakhir.

Dilansir dari laman resmi Premier League, berikut ini 10 momen penentuan gelar juara Liga Inggris di pekan terakhir.

10. Musim 2023-2024

Penentuan gelar juara Liga Inggris musim ini harus menunggu hingga pekan ke-38, atau pekan terakhir, untuk memastikan Manchester City atau Arsenal yang menjadi juara.

Manchester City harus meraih kemenangan melawan West Ham United pada pertandingan terakhir, begitu juga Arsenal yang memasang target menang atas Everton, dan berharap The Citizens terjegal.

Namun, pada pertandingan terakhir Manchester City menang 3-1 atas West Ham United, dan Arsenal juga menang 2-1 atas Everton.

Hasil tersebut membuat Manchester City mengoleksi 91 poin di akhir klasemen, dan Arsenal tertinggal dua poin di belakang.

Manchester City asuhan Pep Guardiola, juara Liga Inggris 2023-2024. (Yusuf/).
Manchester City asuhan Pep Guardiola, juara Liga Inggris 2023-2024. (Yusuf/).

9. Musim 2021-2022

Musim ini menjadi persaingan antara Manchester City dengan Liverpool, The Citizens berhadapan dengan Aston Villa di laga terakhir, sedangkan The Reds melawan Wolves.

Man City mengoleksi 90 poin hingga pekan ke-37, sedangkan Liverpool 89 poin. Kedua tim sama-sama tertinggal lebih dulu di  pertandingan terakhir.

Ketika Liverpool membalas gol Pedro Neto melalui Sadio Mane, hingga akhirnya menang 3-1, Man City justru mengalami kesulitan, mereka tertinggal 0-2 dari Aston Villa hingga menit ke-75.

Menit ke-76, Ilkay Gundogan memperkecil kedudukan, diikuti gol Rodri di menit ke-78 yang membuat skor imbang 2-2. Harapan pendukung Liverpool kembali memenangi gelar pupus setelah Gundogan kembali mencetak gol di menit ke-81.

The Citizens memastikan gelar juara dengan perolehan 93 poin, sementara The Reds mengoleksi 92 poin.

8. Musim 2018-2019

Ini juga menjadi persaingan antara Man City dan Liverpool, hingga menjelang pekan ke-38, The Citizens mengoleksi 95 poin dan The Reds 94 poin.

Penentuan gelar juara juga berlangsung dramatis, Man City sempat tertinggal melalui gol Glenn Muray saat Liverpool unggul 1-0 atas Wolves berkat gol Sadio Mane.

Namun, pada akhirnya Man City keluar sebagai peraih gelar juara Liga Inggris, setelah menang 4-1 dan di laga lain Liverpool menang 2-0 atas Wolves.

7. Musim 2013-2014

Musim ini juga menjadi persaingan antara Manchester CIty dengan Liverpool. The Citizens memanfaatkan penurunan performa Liverpool, memimpin dengan 83 poin sementara The Reds mengumpulkan 81 poin hingga pekan ke-37.

The Reds butuh kemenangan atas Newcastle United di pekan terakhir, dan berharap The Citizens terjegal oleh West Ham United.

Namun, Man City akhirnya kembali menjadi juara Premier League, setelah menang 2-0 atas West Ham, di laga lain Liverpool juga menang 2-1 atas Newcastle United.

6. Musim 2011-2012

Pada musim 2011-2012 rivalitas sengit terjadi di kota Manchester, saat itu Man City dan Manchester United bersaing hingga pekan terakhir Liga Inggris.

Menurunnya performa Manchester United, membuat Man City mampu mendekat, dan memiliki poin sama dengan mereka (86) hingga pekan ke-37.

Pada pekan terakhir Man United menang 1-0 atas Sunderland ketika Man City masih berusaha keras melawan QPR, sebelum akhir gol Sergio Aguero yang melegenda itu membuat The Citizens meraih gelar Liga Inggris secara dramatis.

5.  Musim 2009-2010

Persaingan pada musim ini melibatkan Chelsea dan Manchester United. The Blues mengoleksi 83 poin sementara The Red Devils memiliki 82 poin jelang pekan terakhir.

Pada pekan terakhir, Chelsea dan Man United sama-sama bertanding di kandang, The Blues meghadapi Wigan sedangkan The Red Devils menjamu Stoke.

Chelsea memastikan gelar juara, karena tampil perkasa dengan menekuk Wigan 8-0, yang membuat kemenangan 4-0 Man United atas Stoke tidak berarti.

4. Musim 2007-2008

Sebelumnya, Chelsea dan Man United pernah bertarung hingga titik darah penghabisan di Liga Inggris musim 2007-2008.

Manchester United memimpin dengan 84 poin hingga pekan ke-37, Chelsea yang duduk di peringkat kedua juga memiliki poin sama hanya kalah selisih gol.

Harapan Chelsea agar Man United terjegal oleh Wigan tak terwujud, justru mereka ditahan 1-1 oleh Bolton di Stamford Bridge saat pesaing mereka menang 2-0 di DW Stadium. Man United keluar sebagai juara dengan perolehan 87 poin, unggul dua poin dari Chelsea.

3. Musim 1998-1999

Hasil imbang Man United melawan Leeds United, berhasil dimanfaatkan Arsenal dengan menekuk Leeds United, jarak poin mereka pun menjadi satu poin. Man United memiliki 76 poin, The Gunners dengan 75 poin.

Pada pertandingan terakhir Man United menekuk Tottenham Hotspur 2-1 di saat Arsenal mengalahkan Aston Villa 1-0.

Poin Arsenal tak cukup melampaui Man United, yang di musim itu meraih treble winners pertama dalam sejarah mereka.

2. Musim 1995-1996

Musim 1995-1996 menjadi ajang persaingan Man United dengan Newcastle United.

Man United yang akan berhadapan dengan Middlesbrough di pekan terakhir mengoleksi 79 poin, unggul dua poin dari Newcastle United yang bertemu Tottenham Hotspur.

Man United memastikan gelar ketiga Liga Inggris dalam empat musim pertama era Premier League, berkat kemenangan 3-0 atas Middlesbrough, sedangkan Newcastle ditahan imbang Spurs 1-1.

1. Musim 1994-1995

Kompetisi musim 1994-1995 menjadi yang pertama kalinya, juara Liga Inggris era Premier League harus ditentukan hingga pertandingan berakhir.

Pada laga terakhir Blackburn Rovers yang memimpin dengan 89 poin harus menghadapi Liverpool, sedangkan Man United di posisi kedua dengan 87 poin melawan West Ham.

Blackburn Rovers yang bertandang ke Anfield, ditekuk Liverpool 1-2, sementara itu Man United yang bermain di Boelyn Ground ditahan imbang 1-1 oleh West Ham.

Man United gagal menjadi juara, karen mereka hanya mengoleksi 88 poin, setelah gagal memanfaatkan kekalahan Blackburn Rovers di laga terakhir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat