sveosportu.com

10 Putusan Sidang Komdis PSSI soal Rusuh di Semarang

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)

- Komite Disiplin (Komdis) Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah (Jawa Tengah) akhirnya merilis putusan terkait kericuhan di Piala Bupati Semarang.

Laga final turnamen antar kampung (tarkam) Bener Bersatu Cup 2024 atau Piala Bupati Semarang pada 2 Juni 2024 sempat jadi sorotan pencinta sepak bola Indonesia.

Sebab pertandingan itu berakhir ricuh hingga diwarnai kekerasan kepada wasit, yang melibatkan para pemain profesional Liga 1 hingga eks-pemain Timnas Indonesia.

Total, Komdis Asprov PSSI Jateng mengeluarkan 10 Surat Putusan pada Senin (10/6/2024). Yang paling utama ada Bayu Pradana yang diputuskan jadi biang keroknya.

Putusan Komdis Asprov PSSI Jateng tidak hanya mencakup tingkah laku buruk pemain. Tapi juga ada soal kegagal panitia pelaksana (panpel) menjaga ketertiban dan keamanan.

Serta Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Semarang dalam hal tanggung jawab pada penerbitan administrasi pendukung terselenggaranya kegiatan serta kewenangan dalam menugaskan perangkat pertandingan.

Hukuman dari Komdis PSSI Jateng ini dapat dilakukan karena laga Piala Bupati Semarang, Bener Bersatu Cup 2024, mendapat rekomendasi dari Askab Semarang.

Ketua Komdis Asprov PSSI Jateng, Ismu Puruhito menjelaskan bahwa 10 keputusan yang dirilis telah sesuai dengan ketentuan Kode Disiplin PSSI 2023.

Tepatnya Pasal 50 ayat 1 dan ayat 2, pasal 68 dan 69, tentang tingkah laku buruk terhadap perangkat pertandingan serta kegagalan panitia dalam menjalankan tanggung jawab.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat