sveosportu.com

3 Ikan Kaya Vitamin D yang Harus Dikonsumsi Wanita

Ikan-ikan seperti salmon, tuna, dan makerel kaya akan vitamin D yang bagus untuk diet khususnya wanita. (Hendy AS/Skor.id)

– Saat cuaca bagus tiba, membicarakan hidangan menyegarkan seperti salad adalah hal yang lumrah. Namun, penting juga untuk mempertimbangkan makanan kaya vitamin D untuk menjaga kesehatan. 

Vitamin D memainkan banyak peran penting dalam tubuh manusia. Defisit yang signifikan dapat menyebabkan osteomalasia, melemahnya tulang, dan menyebabkan masalah dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin D untuk mencegah masalah tersebut. 

Manfaat vitamin D beragam, antara lain penyerapan kalsium dan fosfor, pengaturan gula darah, perbaikan DNA, dan lain-lain. Selain itu, kebutuhan vitamin D bervariasi berdasarkan usia.

3 Ikan dengan Vitamin D yang Wajib Dikonsumsi Wanita

Ikan seperti tuna, mackerel atau makerel – tenggiri dan kembung masuk ke dalam keluarga ikan ini – dan salmon sangat bermanfaat karena tingginya kandungan vitamin yang penting bagi tubuh.

Untuk memastikan penyerapan vitamin D yang cukup, penting untuk memasukkan makanan kaya magnesium ke dalam makanan Anda, seperti biji labu dan dedak gandum. 

Vitamin K juga penting untuk membantu penyimpanan kalsium di tulang dan ditemukan dalam sayuran berdaun hijau dan produk susu fermentasi.

Selain pola makan, paparan sinar matahari merupakan sumber alami vitamin D. Dianjurkan untuk menjemur diri Anda di bawah sinar matahari minimal 20 menit sehari, hindari jam-jam dengan radiasi ultraviolet terbesar. 

Untuk menjaga tingkat vitamin D yang cukup, disarankan untuk memasukkan ikan yang kaya vitamin ini ke dalam makanan Anda setidaknya tiga kali seminggu, bersamaan dengan paparan sinar matahari secara teratur dan pola makan yang seimbang dan bervariasi.

Makanan dengan Vitamin D Paling Banyak

Selain ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan makerel, ada sumber vitamin D lain yang bisa Anda masukkan ke dalam menu makanan. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Hati sapi: Merupakan sumber vitamin D yang baik, terutama jika berasal dari hewan yang diberi makan rumput.
  • Kuning telur: Mengandung vitamin D, meski jumlahnya lebih sedikit dibandingkan ikan berlemak. 
  • Keju: Beberapa jenis keju, seperti keju Swiss dan keju cheddar, mungkin mengandung vitamin D dalam jumlah sedang.
  • Jamur: Jamur yang terkena sinar ultraviolet selama pertumbuhannya dapat menghasilkan vitamin D sehingga menjadi pilihan bagi para vegetarian.
  • Susu yang diperkaya: Banyak merek susu yang diperkaya dengan vitamin D untuk meningkatkan kandungan nutrisinya.
  • Jus jeruk yang diperkaya: Seperti susu, beberapa jus jeruk juga diperkaya dengan vitamin D

Dengan memasukkan berbagai makanan ini ke dalam menu diet, Anda dapat membantu memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan kesehatan secara keseluruhan. 

Namun, penting untuk diingat bahwa paparan sinar matahari juga merupakan sumber vitamin D yang penting, jadi pastikan untuk menghabiskan waktu di luar ruangan dengan aman untuk mendapatkan vitamin ini secara alami.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat