sveosportu.com

Persaingan Gelar Top Scorer Euro 2024

Romelu Lukaku, Kylian Mbappe, Cristiano Ronaldo, dan Harry Kane. (Hendy Andika/Skor.id).

- Salah satu yang menarik untuk dinantikan dari Euro 2024 adalah siapa yang akan meraih gelar pencetak gol terbanyak (Golden Boot)?

Banyak mesin gol yang akan terlibat dalam Euro 2024 yang akan digelar pada Jumat (14/6/2024) atau Sabtu dini hari WIB.

Dari pemain senior seperti Cristiano Ronaldo (Portugal) hingga bintang muda Kylian Mbappe (Prancis). Euro 2024 memang akan menjadi ajang festival bagi para pencetak gol.

Piala Eropa bagian penting dalam karier perjalanan Cristiano Ronaldo sebagai pemain tim nasional. Debutnya di turnamen besar memang terjadi di Piala Eropa, tepatnya di Euro 2004 silam.

Dan, gol pertamanya untuk Timnas Portugal juga diciptakan dalam laga Euro, ketika Portugal kalah 1-2 dari Yunani. Ketika itu, Cristiano Ronaldo baru tampil dalam 8 laga bersama Timnas Portugal.

Kini, dia telah memainkan 207 pertandingan untuk Timnas Portugal dengan mengoleksi 130 gol. Usianya di Euro 2024 ini sudah 39 tahun pada Februari 2024 lalu.

Karena itu, Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pemain tertua yang akan tampil di ajang antarnegara Eropa ini. Dengan demikian, Euro 2024 merupakan Euro terakhir dalam karier Cristiano Ronaldo.

CR7 berhasil membawa Portugal juara Piala Eropa 2016. Sedangkan gelar top scorer dua kali diraih mantan bintang Real Madrid ini yaitu pda Euro 2012 dan Euro 2020 lalu.

"Saya tidak memiliki banyak waktu lagi di sepak bola, jadi saya akan menikmatinya," kata Cristiano Ronaldo, terkait keikutsertaannya tampil di Euro 2024 yang digelar di Jerman ini.

"Saya jatuh cinta kepada sepak bola. Setiap pertandingan adalah spesial bagi saya, membayangkan bermain di Euro bersama Portugal membuat saya bangga. Ini seperti sebuah mimpi, seperti ketika saya masih berusia 20 tahun," katanya lagi.

Dalam sejarah Euro, hanya Cristiano Ronaldo yang memiliki dua koleksi trofi pencetak gol terbanyak. Kini, di Euro 2024, dia siap untuk mencatatkan gelar ketiga sebagai pencetak gol terbanyak.

Hanya, Cristiano Ronaldo memiliki pesaing yang juga memiliki peluang untuk meraih trofi individu tersebut. Bagi Cristiano Ronaldo dan juga pemain lainnya, meraih trofi Piala Eropa tentu jauh lebih berharga dibandingkan pencapaian individu tersebut.

Tapi, tanpa gol-gol Cristiano Ronaldo, peluang Portugal untuk meraih gelar Euro 2024 pun menjadi sangat minim.

Terkait persiangan gelar top scorer Euro 2024 pula, menampilkan 4 pemain yang berpeluang besar meraih trofi Sepatu Emas di Euro 2024 ini, termasuk Cristiano Ronaldo.

1. Kylian Mbappe (Prancis)

Kylian Mbappe yang baru saja bergabung ke Real Madrid merupakan favorit peraih gelar Pencetak Gol Terbanyak Euro 2024.

Piala Eropa memang belum bersahabat bagi Kylian Mbappe. Jika statistiknya di ajang Piala Eropa mengagumkan, termasuk meraih trofi Golden Boot Piala Dunia 2022 setelah mengorehkan 8 gol, tidak demikian di ajang Euro.

Kylian Mbappe belum mampu mencetak satu gol pun di kejuaraan antarnegara Eropa ini. Bahkan, ada kisah pahit di mana dia gagal mencetak gol dalam Euro 2020 (2021) lalu.

Namun, musim ini, Euro 2024 diprediksi akan menjadi panggung bagi Kylian Mbappe. Dia siap tempur dengan membawa rapor 44 gol dari 47 laga bersama Paris Saint-Germain pada 2023-2024 lalu.

Penyerang timnas Prancis, Kylian Mbappe. (Dede Mauladi/).
Bintang Timnas Prancis, Kylian Mbappe, menjadi salah satu penyerang yang berpeluang meraih gelar top scorer Euor 2024. (Dede Sopatal Mauladi/).

2. Harry Kane (Inggris)

Piala Eropa atau Euro 2024 ini bisa menjadi peluangnya untuk mengakhiri penantian meraih trofi dalam kariernya.

Dengan 36 gol dari 32 laga di Bundesliga pada 2023-2024 lalu, Harry Kane telah mencatat rekor sebagai "debutan" terbaik di musim pertama dalam sejarah Bundesliga.

Harry Kane adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas Inggris dengan koleksi 63 gol.

Harry Kane selalu mencetak gol atau assist di tujuh laga ketika dia tampil dalam kualifikasi Euro 2024 ini (8 gol dan 2 assist).

Peluang Harry Kane meraih gelar pencetak gol terbanyak di Euro 2024 sangat terbuka dengan gol-golnya sepanjang musim 2023-2024 lalu.

3. Cristiano Ronaldo (Portugal)

Pada Euro 2020 (2021), Timnas Portugal hanya sampai 16 besar setelah disingkirkan Belgia.

Namun, ketika itu, hanya dengan empat laga Cristiano Ronaldo sudah mampu mencetak 5 gol dan memberikan 1 assist sekaligus membuatnya meraih trofi Golden Boot.

Cristiano Ronaldo merupakan pemegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah Piala Eropa. Total dia telah mengoleksi 14 gol dengan 6 assist.

Dengan demikian, Cristiano Ronaldo terlibat dalam terciptanya 20 gol Timnas Portugal di ajang Piala Eropa.

Meski demikian, tidak sedikit yang meragukan Cristiano Ronaldo akan kembali mengklaim status pencetak gol terbanyak.

Penyerang timnas Belgia, Romelu Lukaku. (Rahmat Ari Hidayat/).
Penyerang timnas Belgia, Romelu Lukaku, dalam kualifikasi Euro 2024. (Rahmat Ari Hidayat/).

4. Romelu Lukaku (Belgia)

Dalam kualifikasi Euro 2024, Romelu Lukaku telah mengoleksi 14 gol dari 8 laga kualifikasi. Jumlah tersebut diraih Romelu Lukaku setelah melepaskan 29 tembakan.

Romelu Lukaku tampaknya harus lebih fokus lagi jika ingin meraih gelar. Dengan 551 menit di kualfikasi, Berarti pula, rata-rata Kylian Mbappe mampu mencetak 1 gol setiap 39 menit.

Di sisi lain, rata-rata golnya jika melihat cap juga tinggi. Dengan 18 gol dari 115 laga bersama Timnas Belgia, Romelu Lukaku menjadi pemain dengan rata-rata gol, 0,75 gol per laga.

Di bawah Romelu Lukaku ada penyerang Timnas Jerman dengan mesin golnya, Niclas Fullkrug. Sementara itu, rata-rata gol Romelu Lukaku mencapai 6,69.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat