sveosportu.com

6 Pemain Tertua Pemegang Rekor di Piala Eropa

Jens Lehmann, Gabor Kiraly, dan Lothar Matthaus, termasuk sebagai pemain tertua di Euro. (Hendy Andika/Skor.id).

- Usia terkadang bukan menjadi halangan bagi seorang pesepak bola untuk menunjukkan aksi terbaiknya di lapangan, meski mungkin performa mereka tak lagi sebaik di usia keemasan.

Menjelang Euro 2024 (Piala Eropa 2024), menghadirkan artikel-artikel menarik untuk menyambut turnamen antarnegara di Benua Biru tersebut.

Putaran final Euro 2024 akan dilangsungkan di Jerman, mulai 14 Juni 2024 hingga 15 Juli 2024.

Salah satunya adalah tentang kiprah para pemain tua yang masih mampu unjuk gigi di putaran final Euro (Piala Eropa).

Para pemain tertua dalam tim biasanya menjadi sosok pemimpin, karena segudang pengalaman yang mereka miliki sangat pentung untuk turnamen seperti Euro nanti.

Dilansir dari laman resmi UEFA, berikut ini 6 pemain tertua yang memiliki catatan rekor di putaran final Euro.

1. Gabor Kiraly (40 tahun, 86 hari), Pemain Tertua yang Tampil di Putaran Final Euro

Gabor Kiraly langsung dikenal karena pilihan celana yang tidak biasa, pria dengan sebutan Pyjama Man tersebut mencetak rekor sebagai pemain tertua di putaran final Piala Eropa saat membantu Hungaria lolos ke babak 16 besar Euro 2016.

Namun, akhirnya Hungaria harus menelan kekalahan 0-4 dari Belgia, penyelamatan Gabor Kiraly yang menghalau tendangan bebas Kevin De Bruyne, dinobatkan UEFA sebagai penyelamtan terbaik musim 2015-2016.

2. Lothar Matthaus (39 tahun, 91 hari), Pemain Outfield Tertua

Pada pertandingan melawan Portugal di Euro 2000, Lothar Matthaus menjadi pemain tertua yang tampil di putaran final Piala Eropa, hingga dipecahkan Gabor Kiraly.

Namun, rekor Lothar Matthaus sebagai pemain outfield/selain kiper sebagai penampil tertua di putaran final Piala Eropa belum terpecahkan.

3. Ivica Vastic (38 tahun, 257 hari), Pencetak Gol Tertua

Ivica Vastic, mantan pemain Sturm Graz dan Austria Wien, tampil saat pertandingan Austria melawan Polandia di Euro 2008 tersisa 26 menit.

Menjelang akhir pertanidngan Ivica Vastic mencetak gol penyama kedudukan yang menjadi gol ke-14 dalam 50 penampilan untuk Austria, sekaligus menjadi pencetak gol tertua di putaran final Euro.

4. Arnold Muhren (37 tahun, 23 hari) Pemain Tertua yang Memenangkan Trofi Euro

Ricardo Carvalho berusia 38 tahun dan 53 hari ketika Portugal memenangkan trofi Euro 2016, tetapi ia tidak tampil di laga final tersebut.

Arnold Muhren adalah pemain tertua yang menang di laga final, gelandang Belanda itu berperan dalam gol Marco van Basten saat negaranya mengalahkan Uni Soviet di final.

5. Jens Lehmann (38 tahun, 232 hari) Pemain Tertua di Final

Jens Lehmann menjalani karier yang sukses bersama Schalke, Borussia Dortmund, dan Arsenal, ia juga menjadi bagian Timnas Jerman.

Pada edisi Euro 2008, ia membawa Jerman tampil ke final, tetapi akhirnya kalah dari Spanyol, Jens Lehmann adalah pemain tertua yang tampil di final ajang ini.

6. Leonardo Bonucci (34 tahun, 71 hari), Pencetak Gol Tertua di Final

Leonardo Bonucci mencetak gol di menit ke-67 saat membela Italia melawan Inggris di final Euro 2020, yang saat itu membuat kedudukan menjadi 1-1.

Gol tersebut membuat Leonardo Bonucci menjadi pencetak gol tertua di final Euro, sekaligus mengambil alih rekor Bernd Holzenbein, yang mencetak gol untuk Jerman Barat ke gawang Cekoslovakia di edisi 1976.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat