sveosportu.com

Adidas Gazelle Siap Sambut Olimpiade Paris

Adidas Gazelle Olimpiade terinspirasi dari pesta olahraga terbesar di dunia meskipun tidak menjadi sepatu resmi Olimpiade Paris 2024. (Dede Mauladi/Skor.id)

Adidas Gazelle kembali ke panggung terbesar dunia. Tahun ini, menjelang bergulirnya Olimpiade Paris pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2024, Adidas telah merilis sepasang Gazelle Indoor yang mengambil tema Olimpiade.

Pengecer sepatu kets (sneaker) terkemuka Inggris, Offspring, dikabarkan telah menjual Adidas Gazelle Indoor, yang memiliki bagian atas berwarna merah dengan garis-garis putih, tab tumit hijau, dan sol berbahan karet.

Namun detail penting pada sepatu ini ada pada bagian lidahnya. Di sana terdapat logo Adidas Trefoil (logo tiga daun) berbentuk obor Olimpiade, dengan setiap nyala api dibuat dengan warna cincin Olimpiade yang berbeda. 

Sepatu kets varian terbaru Adidas Gazelle Indoor ini memang terinspirasi dari Olimpiade tetapi bukan produk resmi Olimpiade.

Sebagai salah satu andalan Adidas di kategori popular retro, Gazelle Indoor telah mengalami momen selama beberapa tahun terakhir. 

Selain karena popularitas Samba dan Spezial yang serupa, tetapi juga karena siluet tersebut digunakan dalam kolaborasi Adidas Gucci mulai tahun 2022. Sepatu tersebut dikenakan oleh orang-orang seperti Harry Styles dan Anda akan melihat rilisan umum sepatu tersebut terjual habis di internet. 

Selain Olimpiade, ada juga versi Gazelle Indoor dari Bad Bunny yang akan dirilis oleh Adidas dalam waktu dekat.

Pun begitu, Gazelle untuk Olimpiade bisa dibilang lebih keren karena mengingatkan kembali pada salah satu momen terbesar Adidas dalam salah satu pesta olahraga terbesar di dunia. 

Pada Olimpiade Munich 1972, perenang pria asal Amerika Serikat Mark Spitz diberi nasihat oleh Horst Dassler (putra pendiri Adidas Adi Dassler) untuk melemparkan sepasang Gazelle biru dan putih ke udara saat naik podium. 

Sejarah mencatat, Spitz berhasil memenangkan tujuh medali emas hanya di Olimpiade Munich, yang diikuti tujuh rekor dunia berbeda. Total, Spitz merebut sembilan medali emas Olimpiade karena pada edisi sebelumnya di Meksiko 1968, ia sudah mengantongi dua.

Sekilas Adidas Gazelle

Adidas Gazelle merupakan lini produk sepatu yang dirilis oleh Adidas pada tahun 1966. Awalnya, kegunaan asli sepatu tersebut adalah untuk latihan. Gazelle juga merupakan kelanjutan dari sepatu sebelumnya yang diciptakan Adidas bernama Olympiade yang merupakan sepatu lari.

Saat pertama kali diluncurkan, Adidas Gazelle dirilis dalam dua versi: merah dengan elemen mirip dengan Olimpiade dan terutama ditujukan untuk digunakan di lingkungan luar dan versi biru yang ditujukan untuk aktivitas di dalam ruangan (indoor). 

Masing-masing memiliki daya tarik khusus yang sesuai dengan lingkungan spesifiknya juga. Gazelle juga menjadi sepatu pertama yang dibuat dengan bahan suede oleh Adidas, bukan kanvas atau kulit.

Seiring perkembangannya yang semakin pesat, Adidas mendesain ulang Gazelle untuk mendapatkan versi khusus dalam ruangan untuk olahraga bola tangan. Gazelle Indoor ini mengambil inspirasi dari model Handball Spezial yang dirilis pada 1979.

Adidas Gazelle Olimpiade tahun ini akan dirilis dan bakal tersedia di sini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat