sveosportu.com

ASEAN Club Championship 2024-2025 Resmi Dimulai 17 Juli

ASEAN Club Championship. (Yusuf/Skor.id)

- Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) memberikan kepastian soal penyelenggaraan ASEAN Club Championship 2024-2025, Kamis (4/4/2024).

Sebelumnya sempat menyeruak kabar mengenai penyelenggaraan kompetisi antarklub Asia Tenggara yang kini telah dipastikan bakal direalisasikan oleh AFF.

Kompetisi yang dimaksud adalah ASEAN Club Championship, yang memakai titel Shopee Cup seiring dengan kerja sama yang dijalin AFF dengan Shopee.

ASEAN Club Championship menjadi kompetisi klub Asia Tenggara pertama, yang edisi perdananya akan dimulai pada 17 Juli 2024 hingga 21 Mei 2025.

Kompetisi tersebut, atau setidaknya edisi pertama, ASEAN Club Championship 2024-2025, bakal diikuti oleh 14 klub dan nantinya tersaji 40 pertandingan.

"Hari ini menandai tonggak bersejarah dalam sepak bola ASEAN," kata Presiden AFF, Khiev Sameth, pada Kamis (4/4/2024), dari situs resmi federasi.

"Shopee Cup akan berperan penting dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi klub sepak bola ASEAN, dan mentransformasi sepak bola di kawasan ini."

"Turnamen penting ini akan memupuk aspirasi klub-klub terkemuka di kawasan untuk jadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia," Khiev Sameth menjelaskan.

ASEAN Club Championship atau Shopee Cup akan diisi para juara kompetisi domestik berbagai negara Asia Tenggara, Liga ataupun Piala negara.

Sepak Bola ASEAN. (Yusuf/)
Sepak Bola ASEAN. (Yusuf/)

AFF memastikan Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam bakal memiliki wakil dua tim. Kemudian masing-masing satu tim dari Filipina dan Singapura.

Sementara satu tim dari Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Myanmar harus lebih dulu menjalani babak play-off untuk memperebutkan dua tempat.

Seluruh 12 klub peserta ASEAN Club Championship 2024-2025 nantinya lebih dulu dipecah ke dalam dua grup untuk menjalani babak penyisihan grup.

Fase tersebut terdapat 30 laga, para tim menjalani pertandingan kandang atau tandang selama lima hari. Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan lolos.

Babak semifinal dan final dimainkan dengan sistem kandang dan tandang. Rincian lebih lanjut mengenai format kompetisi bakal dirilis mendatang oleh AFF.

Pengumuman klub-klub peserta ASEAN Club Championship 2024-2025 dilakukan saat drawing pembagian grup yang digelar di pekan pertama Mei 2024.

Adapun dari kabar yang menyeruak sebelumnya terkait kompetisi tersebut, dari Indonesia bakal diwakili oleh PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat