sveosportu.com

Alasan Nova Arianto Pertahankan Fardan Ary di TC Timnas U-16

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. (Yusuf/Skor.id)

- Pengamat sepak bola, Tommy Welly, atau yang akrab disapa Bung Towel, sempat menghembuskan rumor tentang pemain titipan di Timnas U-16 Indonesia.

Pemain yang dimaksud Towel disinyalir adalah Fardan Ary Setyawan.

Fardan merupakan putra dari salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Eko Setyawan.

Meski sang ayah merupakan Exco PSSI, Fardan terpilih mengikuti seleksi di Timnas U-16 Indonesia karena kemampuan dan prestasinya.

Dan, hal tersebutlah yang membuat pelatih Nova Arianto memberikan kesempatan Fardan mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas U-16 Indonesia.

Fardan yang saat ini bermain di Farmel Isvil Football Academy (FIFA Farmel) punya catatan impresif sebagai seorang striker.

Pemain yang lahir di Jakarta, 9 Februari 2009 itu beberapa kali meraih gelar top scorer, di antaranya di Liga Topskor U-12 (28 gol), Liga Topskor U-13 Jakarta (34), Tangerang Junior League (17), Topskor Championship Nasional U-14 (13), dan Singa Cup U-14 (9).

Fardan juga pernah menyabet gelar individu lainnya, yakni pemain terbaik atau Best Player Indonesia Junior League U-13 pada 2023.

Sepanjang kariernya, Fardan juga berhasil mempersembahkan sejumlah trofi untuk timnya, Farmel Isvil Football Academy, di antaranya juara Indonesia Farmel Cup (2019), juara Liga Top Skor Jakarta (2022), juara Indonesia Junior League (2023), juara Tangerang Junior League (2023), dan juara Singa Cup (2023).

Fardan Ary saat ini masih berjuang untuk bisa masuk dalam skuad final Timnas U-16 Indonesia.

fardan ary - timnas u-16 indonesia
Aksi striker belia, Fardan Ary (kiri), dalam sebuah laga uji coba bersama Timnas U-16 Indonesia. (Dok. Istimewa)

Adapun penentuan skuad final Timnas U-16 Indonesia untuk ASEAN U-16 Championship 2024 akan dilakukan setelah menjalani laga uji coba terakhir.

Saat ini, Timnas U-16 Indonesia masih melakukan persiapan dengan menggelar TC di Solo.

Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto saat ini masih mencari skuad yang pas untuk dibawa pada turnamen ASEAN U-16 Championship 2024 yang akan digelar di Solo pada 21 Juni hingga 6 Juli 2024.

Diketahui, saat ini ada 30 pemain yang tergabung dalam TC Timnas U-16 Indonesia di Solo. Nantinya, skuad final Garuda Muda akan dihuni 23 pemain. 

Itu berarti bakal ada tujuh pemain yang dipulangkan.

Nova Arianto mengatakan bahwa penentuan skuad final Timnas U-16 Indonesia akan dilakukan setelah mereka melakoni pertandingan uji coba terakhir pada Sabtu (15/6/2024).

“Kami masih ada agenda lain, uji coba terakhir di tanggal 15 nanti dengan tim Bhayangkara,” kata Nova Arianto seperti dikutip dari laman PSSI.

“Setelah itu akan ada pengurangan pemain, menjadi 23 yang didaftarkan ke AFF. Kami akan terus fokus memperbaiki apa yang menjadi masalah selama ini. Agar pemain bisa lebih siap,” dia menambahkan.

Sebagai informasi, Timnas U-16 Indonesia berhasil memenangi pertandingan atas Bhayangkara FC U-17 dengan skor 5-1.

Pada laga yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (15/6/2024), masing-masing gol Timnas U-16 Indonesia dicetak Yohanes Gandrung, Fadli A. Hengga, M. Mierza Firjatullah, M. Alghazani Dwi, dan Fandi Ahmad.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat