sveosportu.com

All England 2024: Jojo Tantang Ginting di Final

Jonatan Christie, pebulu tangkis Indonesia

– Akhirnya apa yang diharapkan fans bulu tangkis Tanah Air terwujud. All Indonesian Final tersaji dalam All England 2024. Jonatan Christie bakal menantang Anthony Sinisuka Ginting di partai puncak.  

Kepastian ini didapatkan setelah Jonatan berhasil mengatasi perlawanan Lakshya Sen pada pertandingan semifinal tunggal putra di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Sabtu (16/3/2024) malam.

Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, menang rubber game atas wakil India, dengan skor 21-12, 10-21, 21-15. Berkat hasil tersebut, ia pun menyusul Anthony Ginting yang telah lebih dulu melaju ke babak final.

Ginting lolos usai mengalahkan pebulu tangkis Prancis, Christo Popov, juga melalui pertarungan ketat tiga gim. Tunggal putra ranking dua dunia tersebut menang dengan kedudukan akhir 19-21, 21-5, 21-11. 

Lolosnya Jonatan memastikan dua tunggal putra terbaik Merah Putih bakal bertarung dalam laga puncak All England 2024 sekaligus menggaransi Indonesia meraih gelar di turnamen BWF Super 1000 tersebut.

Pada Minggu (17/3/2024), bulu tangkis Indonesia akan mengakhiri penantian panjangnya selama 30 tahun untuk kembali memiliki sosok juara di sektor tunggal putra All England.

Kali terakhir Merah Putih punya kampiun tunggal putra dalam turnamen bulu tangkis tertua di dunia itu adalah pada edisi 1994 silam. Ketika itu Hariyanto Arbi sukses merengkuh gelar di Birmingham. 

Pertemuan Jonatan dan Ginting nanti juga menandai kali pertama terjadi All Indonesian Final di tunggal putra All England sejak Hariyanto Arbi bertemu Ardy B. Wiranata pada partai final 1994 atau 30 tahun lalu.

Laga Jojo dengan Lakshya Sen berjalan sengit. Saling kejar poin terjadi sejak awal. Usai skor 6-6, Jonatan mampu unggul 11-7 saat interval. Setelah itu, ia bisa menguasai permainan dan merebut gim pertama.

Di gim kedua, situasi berbalik. Sen bermain lebih taktis dan mampu mendominasi. Ini membuat Jonatan tertinggal jauh 3-11 di interval sebelum akhirnya menyerah 10-21. 

Lanjut ke gim ketiga atau penentu, Lakshya Sen mempertahankan ritmenya. Ia unggul cepat 6-3. Namun Jojo segera merespons hingga dapat menyamakan skor dan berbalik unggul 11-8 saat memasuki interval.

Selepas jeda, Jonatan mampu mempertahankan keunggulan dan terus memimpin perolehan poin. Atlet 26 tahun ini pun menyudahi laga di angka 21-15 untuk mengeklaim tiket final All England pertamanya. 

Harapan Anthony Ginting untuk bisa menghadapi Jonatan Christie di panggung prestisius All England pun terwujud. Sebelum duel Jojo versus Sen, ia mendoakan sang kompatriot bisa menyusulnya ke final. 

“Di final nanti, siapa pun lawannya, saya siap. Tapi pastinya berharap kita bisa menciptakan All Indonesian Final,” tutur Ginting, dikutip dari keterangan resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).      

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat