sveosportu.com

Kakang Rudianto Bicara Target di Timnas U-23 Indonesia

Ilustrasi alumni Liga TopSkor yang kini bermain bersama Persib Bandung, Kakang Rudianto. (Wiryanrto/Skor.id)

- Alumni Liga TopSkor, Kakang Rudianto mengungkapkan akan menunjukkan performa terbaiknya di Timnas U-23 Indonesia.

Diketahui, Kakang Rudianto dipanggil pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong untuk persiapan tampil di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Dipanggilnya bek Persib Bandung itu sebagai respons tidak bisa bergabungnya Elkan Baggott, Justin Hubner, hingga Alfeandra Dewangga.

“Tentunya saya akan berusaha semaksimal mungkin jika dikasih kesempatan dan saya ingin membantu tim,” ujar Kakang Rudianto kepada awak media di Stadion Sidolig, Bandung, Sabtu (6/4/2024).

Target pertama Kakang Rudianto ketika bergabung bersama skuad Garuda Muda nanti adalah terkait adaptasi dengan cuaca hingga para pemain lain.

“Tentunya saya akan mencoba untuk cepat beradaptasi dengan rekan-rekan yang sudah di Dubai,” ucapnya.

Potret latihan perdana Timnas U-23 Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), menuju Piala Asia U-23 2024 yang dipimpin Shin Tae-yong (jaket hitam), 2 April 2024. (Dok. PSSI)
Potret latihan perdana Timnas U-23 Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), menuju Piala Asia U-23 2024 yang dipimpin Shin Tae-yong (jaket hitam), 2 April 2024. (Dok. PSSI)

Mantan pemain Akademi Persib Cimahi (APC) di kompetisi Liga TopSkor itu tak menampik akan menghadapi persaingan yang sangat ketat di Timnas U-23 Indonesia.

Lebih lanjut, sebagian besar pemain yang berada di skuad Garuda Muda adalah jebolan Timnas Indonesia senior.

“Persaingan tentu cukup ketat dan pemain disana bagus-bagus. Mungkin kalau ada kesempatan sedikitpun saya harus bisa memaksimalkan,” kata Kakang Rudianto.

“Saya lihat pemain-pemain di Timnas U-23 Indonesia itu pemain dari timnas senior semua. Saya yakin tim bisa kerja keras dan bisa mengalahkan tim-tim yang ada di grup,” pungkasnya.

Sebelumnya sudah ada delapan pemain alumni Liga TopSkor yang masuk dalam pemanggilan. Mereka sedang berjibaku dalam pemusatan latihan Timnas U-23 Indonesia di Dubai.

Delapan alumni Liga TopSkor yang mendapatkan pemanggilan Timnas U-23 Indonesia itu adalah Adi Satryo, Muhammad Ferrari, Komang Teguh, Dony Tri Pamungkas.

Selebrasi bek Timnas U-23 Indonesia, Komang Teguh Trisnanda, usai membobol gawang Arab Saudi U-23. (Dok. PSSI)
Selebrasi bek Timnas U-23 Indonesia, Komang Teguh Trisnanda, usai membobol gawang Arab Saudi U-23. (Dok. PSSI)

Kemudian Bagas Kaffa, Rifky Dwi, Fajar Faturrahman, dan Rayhan Hannan. Posisi mereka pun komplet, mulai penjaga gawang, bek kanan-kiri, gelandang, hingga penyerang.

Teranyar Garuda Muda juga sudah melakoni satu laga uji coba melawan Arab Saudi U-23, Jumat (5/4/2024). Muhammad Ferarri dan kolega kalah dengan skor 1-3.

Gol semata wayang Indonesia dicetak oleh Komang Teguh. Pemain yang sempat membela ASIOP di Liga TopSkor musim 2017 itu menciptakan gol di menit ke-32.

Peluang para alumni Liga TopSkor masuk ke dalam skuad utama terbilang besar. Sebab, mereka selama ini sudah menjadi langganan dalam timnas kelompok umur.

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei mendatang. Hasil undian menempatkan Indonesia masuk Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

PSSI menargetkan Indonesia bisa masuk empat besar atau semifinalis. Dengan masuk empat besar berarti tiket lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024 akan didapat, kecuali peringkat keempat yang harus melewati babak play-off lebih dahulu melawan tim dari konfederasi lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat