sveosportu.com

Micah Christenson Petik Pelajaran untuk Olimpiade 2024

Micah Christenson at Olimpiade 2024

- Tim voli putra Amerika Serikat mengakhiri putaran penyisihan VNL 2024 dengan rekor tanding 5 menang-7 kalah dan mengantongi 15 poin.

Dengan catatan tersebut, skuad Negeri Paman Sam gagal melaju ke putaran final VNL 2024 yang diikuti oleh delapan negara terbaik.

Ini jadi kali kedua tim voli putra Amerika Serikat gagal menembus putaran final sejak VNL pertama kali dihelat pada 2018.

Kegagalan pertama mereka terjadi pada VNL 2021 ketika finis ketujuh pada fase penyisihan saat fase final hanya menyertakan empat tim terbaik.

Meski VNL 2024 menghadirkan pencapaian terburuk bagi tim voli putra Amerika Serikat sepanjang sejarah keikutsertaannya, Micah Christenson mengaku tak terlalu kecewa.

Kapten tim voli putra Amerika Serikat itu pun bertekad menjadikan VNL 2024 sebagai pelajaran untuk masa depan, termasuk Olimpiade 2024 yang sudah ada di depan mata.

“Saya sangat bangga dengan seluruh pemain dan bagaimana cara kami berjuang,” kata Micah Christenson usai melakoni laga terakhir di Filipina pada Minggu (23/6/2024).

“Sekarang, kami akan terus belajar dari pengalaman yang ada. Yang jelas, perjalanan kami di Manila (pekan ketiga VNL 2024) menjadi kesuksesan besar.”

Perjalanan tim voli putra Amerika Serikat sepanjang gelaran VNL 2024 memang cukup berliku. Mereka bahkan hanya meraih satu kemenangan dari empat laga pekan pertama.

Usai bermain dengan "skuad pelapis" pada pekan pertama, pemilik tiga medali perak dan satu perunggu VNL itu menurunkan sejumlah pemain inti pada pekan kedua.

Diperkuat Micah Christenson dan kolega, performa Amerika Serikat mulai meningkat. Mereka pun mampu menorehkan dua kemenangan dari empat laga di pekan kedua. 

Rekor pertandingan yang sama juga dibukukan tim voli putra Amerika Serikat pada pekan ketiga VNL 2024.

Salah satu hal yang dipelajari Micah Christenson dalam perjalanan Amerika Serikat di VNL 2024 adalah menjaga performa di tengah jadwal padat.

Jadwal yang padat di VNL 2024 menuntut pelatih di setiap tim untuk cermat dalam melakukan rotasi pemain.

Hal yang sama dilakukan John Speraw selaku kepala pelatih tim voli putra Amerika Serikat. Ia tak banyak menurunkan pemain intinya saat bersua Jepang di laga pamungkas.

Sebelum menghadapi Jepang, Amerika Serikat membuka perjalanan di pekan keempat dengan duel lima set kontra Iran (kalah) dan Brasil (menang) pada 19–20 Juni 2024.

Mereka kemudian meraih kemenangan 3-1 atas Jerman pada Sabtu (22/6/2024) sebelum akhirnya kalah 0-3 dari Jepang.

Kekalahan 0-3 dari Jepang memang menutup peluang Amerika Serikat untuk lolos ke putaran final VNL 2024.

Akan tetapi, Micah Christenson menyebut kekalahan itu tetap jadi hal yang penting bagi para pemain cadangan yang diturunkan untuk menghadapi tim sekelas Jepang.

“Ini hal yang bagus. Kami butuh semua pemain untuk Olimpiade 2024, dari pemain inti hingga cadangan, kami butuh semuanya dalam tim ini,” kata sang setter.

“Jadi, dapat memberi kesempatan kepada pemain cadangan untuk melakoni partai besar, kontra Jepang dengan penonton penuh, menjadi pengalaman yang sangat luar biasa.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat