sveosportu.com

Arne Slot Janjikan Liverpool Takkan Jauh Berbeda

Arne Slot, pelatih Liverpool yang baru. (Jovi Arnanda/Skor.id)

– Pelatih kepala baru Liverpool FC, Arne Slot, mengatakan gaya bermain timnya tidak akan jauh berbeda dengan yang dipopulerkan oleh Jurgen Klopp, pelatih The Reds sebelumnya. 

Dalam wawancara pertamanya sejak mengambil alih Liverpool, pelatih asal Belanda berusia 45 tahun itu berbicara tentang sejumlah topik, termasuk apa yang akan ia bawa ke klub dan bantuan yang ia terima dari Klopp. 

“Kami akan mencoba mengerjakan apa yang ditinggalkan Klopp dan kami akan melihat banyak hal serupa,” kata Slot di situs resmi Liverpool

“Tapi, tentu saja, saya juga membawa hal-hal saya sendiri dan saya pikir itu juga yang diharapkan dari saya.

“Itu adalah gaya saya, tetapi saya pikir itu adalah gaya banyak pelatih modern saat ini: kami semua sedikit terinspirasi karena persaingan antara (Manchester) City dan Liverpool.”

Slot mengakui, ia dan mungkin banyak pelatih lainnya terinspirasi oleh Pep Guardiola (pelatih Man City) dan Klopp. 

“Saya pikir di klub besar, tempat saya pernah bekerja di Feyenoord, mungkin itu satu-satunya gaya yang bisa Anda mainkan – sering menguasai bola dan butuh banyak energi,” ucap Arne Slot

“Saya pikir juga sekarang ada perbandingan antara klub yang saya tinggalkan dan klub tempat saya akan bekerja saat ini.”

Dukungan dari Klopp 

Klopp menikmati masa tinggal sembilan tahun yang penuh trofi di Stadion Anfield – kandang Liverpool – dan merebut sejumlah trofi penting, termasuk gelar Liga Inggris 2019-2020 dan Liga Champions 2018-2019. 

Slot mengatakan, penting untuk mendapatkan banyak nasihat dari pria yang telah ia gantikan posisinya di Liverpool

“Dia memberi saya lebih dari beberapa tips bagus. Namun menurut saya yang paling menonjol bagiku adalah dia sangat bahagia untuk saya,” kata Slot. 

“Ia akan menjadi idola terbesar saya mulai sekarang. Dia mendukung Liverpool dengan cara terbaik, dan Anda jarang melihatnya. Jadi, ini mengungkapkan banyak hal tentang karakternya, cara dia menangani situasi ini juga.”

Slot menjelaskan, jika seseorang bekerja di sebuah klub selama sembilan tahun (dan telah) meraih kesuksesan, orang pasti ingin mengetahui semuanya dari dia. Publik juga ingin mengetahui banyak hal tentang para pemain. 

“Meskipun menurut saya penting juga untuk mendapatkan pendapat saya sendiri tentang itu semua (klub maupun pemain),” ucap Slot. 

“Jadi, Anda hanya dapat menggunakan semua informasi yang dia miliki karena dia melakukannya dengan sangat baik, tidak hanya dalam hal hasil tetapi saya pikir semua orang juga melihat pada tahun-tahun sebelumnya betapa populernya dia.”

Coba Meningkat dibanding Musim Lalu

Salah satu tujuan utama Arne Slot adalah membantu Liverpool meningkatkan upaya berkelanjutan untuk meraih gelar Liga Inggris dan menambah gelar yang mereka angkat pada 2020, setelah terjatuh dalam perburuan gelar musim lalu, dengan finis di posisi ke-3.

“Kami semua ingin melihat Liverpool sedikit lebih tinggi dari peringkat ketiga dan ini adalah tantangan yang kami hadapi sekarang – untuk memanfaatkan apa yang kami miliki,” katanya. 

Arne Slot pun menggunakan legenda tenis Novak Djokovic, yang telah memenangkan rekor 24 gelar Grand Slam, sebagai contoh dari pola pikir yang dapat dimanfaatkan oleh para pemainnya. 

“Saya mencoba menggunakan contoh bersepeda atau saat ini Anda telah melihat Roland-Garros (Grand Slam Prancis Terbuka] dan sudah melihat Djokovic menang dalam pertandingan yang sangat sulit,” ujar Slot. 

“Saya pikir itu salah satu kualitasnya, bahwa dia juga bisa melakukannya, memenangi permainan. Meskipun ketika hal itu tidak berjalan sesuai keinginannya, Djokovic masih bisa menemukan cara untuk memenangkannya. Saya pikir itu adalah contoh yang bisa Anda gunakan terhadap pemain juga.” 

Slot juga mengungkapkan staf ruang belakang barunya di klub akan terdiri dari Sipke Hulshoff, Ruben Peeters, dan Fabian Otte.

Laga pertama Liverpool musim 2024-2025 adalah lawatan ke tim promosi Ipswich Town pada kick-off awal Sabtu, 17 Agustus 2024. Sebelumnya, Liverpool akan menghadapi Arsenal dan Manchester United sebagai bagian dari tur pramusim mereka ke Amerika Serikat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat