sveosportu.com

Atlet Dayung Indonesia Memo Amankan Tiket ke Olimpiade 2024

Memo, atlet dayung Indonesia

– Wakil Indonesia yang akan berangkat ke Olimpiade Paris 2024 bertambah lagi. Ini menyusul keberhasilan atlet dayung (rowing) Memo dalam kualifikasi di Chungju, Korea Selatan.

Memo mengamankan tiket ke Paris 2024 setelah meraih posisi runner-up pada nomor Single Sculls Putra di ajang World Rowing Asian & Oceanian Olympic and Paralympic Qualification Regatta, 19-21 April.

Atlet asal Maluku tersebut finis di urutan kedua, membukukan waktu 6 menit 59,74 detik. Memo kalah tipis dari rower Kazakhstan, Vladislav Yakovlev, yang finis pertama, dengan torehan 6:59,46.

Memo masuk final (Single Scull), urutan kedua setelah Kazakhstan. Dan catatan waktu Memo hanya terpaut tipis sekali dari peringkat pertama,” ujar Edy Suryono seperti dikutip dari Antara.

Lebih lanjut Sekretaris Jenderal Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) itu menjelaskan bahwa sebanyak delapan atlet Merah Putih dikirim ke Chungju, didampingi oleh tiga pelatih.

Selain Memo, Tim Indonesia untuk kualifikasi Olimpiade di Chungju diperkuat oleh duet Ardi Isadi dan Kakan Kusmana, yang turun pada nomor Men’s Lightweight Double Sculls.

Kemudian ada Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri yang bersaing di nomor Women’s Lightweight Double Sculls. Sayang, mereka serta Ardi/Kakan gagal mengikuti kesuksesan Memo lolos ke Olimpiade. 

Ardi/Kakan harus puas menyelesaikan kualifikasi di urutan kelima, di belakang Jepang, Uzbekistan, India, dan Korsel. Sedangkan Chelsea/Mutiara hanya mampu finis keenam.

Ardi/Kakan dan Chelsea/Mutiara tidak mendapatkan tiket ke Paris 2024 sebab hanya dua besar yang bisa lolos ke Olimpiade, yang akan bergulir 26 Juli-11 Agustus mendatang.

Bagi Memo, Paris 2024 akan menjadi Olimpiade keduanya. Sebelumnya, rower 29 tahun ini tampil dalam multievent olahraga terbesar di dunia tersebut pada edisi ke-31, Rio 2016.

Kala itu, di Rio de Janeiro, Brasil, Memo mampu melaju hingga babak perempat final pada nomor Men’s Single Sculls. Pencapaian yang terbilang mengesankan untuk seorang debutan.   

Namun, Memo terpaksa melewatkan Olimpiade Tokyo 2020, karena kalah peringkat dari duet Mutiara Rahma Putri/Melani Putri. Menurut aturan kualifikasi saat itu, setiap negara hanya bisa kirim satu wakil.

Tim dayung Indonesia masih memiliki satu peluang terakhir untuk dapat meraih tiket Olimpiade Paris 2024 via kualifikasi final di Luzern, Swiss, yang akan berlangsung pada 19-21 Mei mendatang.  

Dengan lolosnya Memo, berarti atlet Indonesia pada Olimpiade tahun ini kembali bertambah. Dayung menjadi cabang olahraga (cabor) kesembilan yang memiliki wakil di Paris 2024.

Sebelumnya, cabor panahan, panjat tebing, senam artistik, menembak, selancar, atletik, angka besi, dan bulu tangkis telah meraih tiket ke ibu kota Prancis, musim panas nanti. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat