sveosportu.com

AVC Challenge Cup 2024: Indonesia Dikalahkan Juara Bertahan

Ilustrasi Voli Indonesia. (Jovi Arnanda/Skor.id)

- Tim voli putri Indonesia menutup perjuangan di fase penyisihan Pool B AVC Challenge Cup 2024 dengan kekalahan.

Kekalahan itu didapatkan skuad Merah Putih dari Vietnam dalam laga yang dihelat di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina pada Minggu (26/5/2024).

Menghadapi Vietnam yang berstatus juara bertahan, Bela Sabrina Agustina dan kawan-kawan kalah 1-3 (17-25, 15-25, 27-25, 13-25).

Tim voli putri Indonesia memulai laga dengan cukup apik karena mampu menempel perolehan angka Vietnam pada awal set pertama.

Akan tetapi, Vietnam yang sudah dipastikan lolos ke semifinal AVC Challenge Cup 2024 mulai tancap gas usai mencetak empat poin beruntun untuk unggul 14-10.

Sejak saat itu, tim asuhan Nguyen Tuan Kiet mulai lebih leluasa mengatasi tekanan Indonesia dan menutup set pertama dengan skor 25-17.

Memasuki set kedua, Vietnam yang banyak menurunkan pemain pelapis langsung melesat 4-0. Mereka pun sempat unggul telak 19-9 sebelum akhirnya menang 25-15.

Kemenangan yang relatif mudah pada dua set pertama sepertinya membuat Vietnam sedikit terbuai. Momentum itu pun mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia.

Sempat tertinggal 7-11, Indonesia yang dimotori Junaida Santi mampu mencetak lima poin beruntun sehingga bisa berbalik unggul.

Sejak saat itu, duel berlangsung sengit di mana kedua tim silih berganti memimpin perolehan angka hingga deuce terjadi.

Set ketiga pada akhirnya dimenangi Indonesia yang mampu mencetak dua poin beruntun via Bela Sabrina Agustina dan Junaida Santi untuk menang 27-25.

Kemenangan tersebut jelas membuat kepercayaan diri tim asuhan Pedro Lilipaly meningkat. Pertandingan pun sempat berlangsung berimbang pada awal set keempat.

Akan tetapi, Vietnam yang sudah memasukkan sejumlah pemain intinya secara perlahan bisa keluar dari tekanan dan kembali membuka jarak poin dari Indonesia.

Nguyen Thi Bich Tuyen dan kawan-kawan pada akhirnya sukses menutup set keempat dengan kemenangan berjarak 12 poin dalam kedudukan 25-13.

Dengan hasil itu, Vietnam finis sebagai pemuncak klasemen Pool B AVC Challenge Cup 2024 dengan catatan selalu menang dari empat laga dan mengantongi poin maksimal 12.

Sedangkan Indonesia dipastikan mengakhiri persaingan dengan menduduki peringkat empat Pool B dengan torehan sekali menang dan tiga poin dari empat laga.

Selanjutnya, Bela Sabrina Agustina dan kolega masih akan melanjutkan di AVC Challenge Cup 2024 dengan menjalani dua laga babak klasifikasi ranking 5–8.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat