sveosportu.com

Bali United Pertahankan Lisensi Klub Profesional sejak 2017

Bali United.jpg

- Bali United resmi kembali menerima Lisensi Klub Profesional berdasarkan Keputusan Club Licensing Committee (CLC) PSSI Nomor: 002/CLC-PSSI/V/2024.

Hebatnya, dengan keputusan per Rabu (15/5/2024) itu, Bali United selalu memperoleh Club Licensing setiap tahun sejak 2017, ketika Liga 1 pertama kali bergulir di Indonesia.  

Club Licensing Officer Bali United FC, Richi Kurniawan mengungkapkan pemenuhan syarat sebuah klub untuk mempertahankan status profesional setiap tahunnya tidak mudah.

"Pastinya kami dari manajemen bersyukur atas status Lisensi Klub Profesional yang boleh kami terima," ujarnya Kamis (16/5/2024).

"Ini menjadi tahun kedelapan, kami Bali United masih menyandang status sebagai sebuah Klub Profesional yang bisa tampil di Liga Champions Asia, Liga Challenge Asia dan juga Liga 1 musim depan."

"Semoga lisensi yang kami peroleh ini juga mendukung prestasi tim ini semakin lebih baik ke depannya," Richi Kurniawan memungkasi.

Lisensi Klub Profesional menjadi dasar lisensi sebuah klub dikatakan profesional dan berkesempatan untuk tampil di kompetisi Asia yaitu Liga Champions Asia 2, dan Liga Challenge Asia mewakili Indonesia dan juga tampil di Liga 1 musim depan.

Adapun Ketua Komite Lisensi Klub PSSI, Timmy Setiawan dengan anggota Yakub Adi Krisanto, Asep Saputra, M. Hanafing Ibrahim, dan Juninho Widjaja telah memberikan status itu ke beberapa klub.

Mulai dari Liga 1 dan Liga 2 yang telah mengajukan melalui sistem Club Licensing Administration System (CLAS).

Para anggota tim Bali United mengikuti sosialisasi implementasi VAR dari PT LIB sebelum tampil pada Championsip Series Liga 1 2023-2024 di Bali, 2 Mei 2024. (Dok. PT LIB)
Para anggota tim Bali United mengikuti sosialisasi implementasi VAR dari PT LIB sebelum tampil pada Championsip Series Liga 1 2023-2024 di Bali, 2 Mei 2024. (Dok. PT LIB)

Proses Club Licensing tahun 2023-2024 dilakukan sebagai implementasi AFC Club Licensing Regulations dan PSSI Club Licensing Regulations yang dilaksanakan pada 24 November 2023 hingga 30 Mei 2024.

Terdapat lima kriteria penilaian yang menjadi acuan dalam menentukan Club Licensing 2023-2024.

Kelima aspek tersebut mencakup kriteria olahraga, infrastruktur, personel dan administrasi, legal, serta finansial.

Dari total 18 klub yang berada di kasta tertinggi Liga Indonesia, hanya ada tiga yang berhasil masuk dalam tiga kategori tingkatan kompetisi yang bisa diikuti di musim depan yaitu Bali United FC, Borneo FC, dan Persik Kediri.

Untuk keputusan rapat Komite Lisensi Klub PSSI musim 2023-2024, klub dipersilahkan mengajukan banding sampai 23 Mei 2024.

Sebab PSSI Club Licensing Department akan memberikan laporan terkait hasil lisensi klub Indonesia kepada AFC pada 30 Mei 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat