sveosportu.com

Barcelona Tersingkir dari Piala Raja, RFEF Bisa Rugi

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. (Jovi Arnanda/Skor.id).

- Barcelona baru saja menelan pil pahit, setelah tersingkir di babak perempat final ajang Copa del Rey (Piala Raja).

Anak asuh Xavi Hernandez mengalami kekalahan 2-4 dari Athletic Bilbao dalam laga Piala Raja yang digelar di Stadion San Mames, Kamis (25/1/2024) dini hari WIB.

Kekalahan ini membuat anak asuh Xavi Hernandez kehilangan kesempatan meraih trofi kompetisi lokal selain La Liga (Liga Spanyol).

Sebelumnya pada babak 16 besar, Real Madrid juga harus terdepak, setelah disingkirkan oleh Atletico Madrid dengan skor 2-4.

Hasil mengecewakan ini ternyata tak hanya berdampak terhadap Barcelona dan Real Madrid, tetapi diprediksi memiliki dampak yang lebih luas.

Salah satu efek dari tersingkirnya dua klub raksasa Negeri Matador tersebut, adalah kerugian yang akan diterima oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

Kerugian ini dikaitkan dengan kompetisi Piala Super Spanyol, atau Supercopa de Espana yang mempertemukan dua finalis Piala Raja dengan dua peringkat teratas klasemen akhir La Liga.

Kesepakatan jutaan euro dengan Arab Saudi untuk menggelar Piala Super Spanyol di sana, dinilai akan terkena dampak dari tersingkirnya Barcelona.

Selain kehilangan kesempatan memenangi Copa del Rey, Barcelona saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara La Liga.

Hal ini membuat mereka berada di luar kualifikasi untuk menjadi tim yang lolos ke Piala Super Spanyol musim depan, hal ini yang dikhawatirkan RFEF.

Keberadaan Real Madrid dan Barcelona memang memonopoli perhatian penggemar sepak bola, ketiadaan salah satu atau keduanya di turnamen seperti Piala Super Spanyol,  menimbulkan kekhawatiran tersendiri.

Daya tarik Piala Super Spanyol dinilai akan turun apa bila kedua tim tersebut tidak dapat berpartisipasi pada ajang yang digelar di Arab Saudi tersebut.

Keberadaan dua tim tersebut juga dapat berpengaruh kepada besaran hadiah, di mana mereka menerima enam juta euro, dan setengah lainnya diterima oleh tim lain.

Pada edis sebelumnya, Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid masing-masing memberikan 200 ribu euro kepada Osasuna untuk menyamakan distribusi hadiah.

Dua tim besar tersebut menerima enam juta dolar, diikuti Atletico Madrid yang mendapat jumlah lebih rendah, serta hanya sekitar satu Euro untuk Osasuna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat