sveosportu.com

Xabi Alonso Berpeluang Catat 53 Tak Terkalahkan

Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, bawa timnya belum terkalahkan sepanjang musim ini. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

- Juara Liga Jerman 2023-2024, Bayer Leverkusen, hanya selangkah lagi mencatat sejarah di Bundesliga.

Tim asuhan Xabi Alonso ini akan menjadi tim pertama yang tidak terkalahkan dalam sejarah Bundesliga (Liga Jerman) dalam satu musim kompetisi.

Bayer Leverkusen yang menang 5-0 atas VfL Bochum, menerukan status mereka yang tidak terkalahlan dalam 33 laga Liga Jerman 2023-2024 ini.

Kemenangan tersebut juga merupakan catatan Bayer Leverkusen yang kini tidak terkalahkan dalam 50 pertandingan sepanjang musim ini di semua ajang.

Kini, Liga Jerman yang hanya tinggal menyisakan satu pertandingan memberikan peluang bagi Xabi Alonso membawa timnya mencatatkan rekor baik di ajang domesik maupun Eropa.

Sebelumnya, Bayer Leverkusen telah mematahkan rekor tidak terkalahkan di Eropa yang merupakan milik Benfica.

Momen itu terjadi pada Kamis lalu di laga kedua semifinal Liga Europa. Rekor tersebut tercipta sejak dari tahun 1963 hingga 1965.

Rapor itu diraih Bayer Leverkusen setelah imbang 2-2 mengadhapi AS Roma.

"Saya sangat bahagia dengan yang kami raih hingga saat ini. Sekarang kami memiliki target yang super pada Sabtu nanti, yaitu sebagai juara yang tidka terkalahkan. Itu tidak pernah terjadi sebelumnya," kata Xabi Alonso lagi.

Dengan dua laga final yaitu menghadapi Atalanta di Liga Europa dan lawan Kaiserslautern di Piala Jerman, Bayer Leverkusen berpeluang mencatat rekor tidak terkalahkan dalam 53 laga.

Dimulai dengan Mematahkan Rekor Bayern Munchen

Langkah Die Werkself mencatat rekor tidak terkalahkan ini dimulai ketika mereka menang 2-1 atas Mainz dalam laga Bundesliga pekan ke-23.

Kemenangan tersebut membuat Bayer Leverkusen tidak terkalahkan dalam 33 pertandingan Bundesliga musim 2023-2023 ini.

Pencapaian tersebut membuat Bayer Leverkusen mematahkan rekor Bayern Munchen asuhan Hansi Flick yang dicatat pada 2020 dan 2021.

Ketika itu, Bayern Munchen menjadi tim yang mencatat rekor tidak terkalahkan terpanjang sebuah klub Bundesliga di semua ajang. Namun, pencapaian Bayer Leverkusen menjadi lebih istimewa karena diraih dalam satu musim kompetisi.

Selanjutnya, Bayer Leverkusen asuhan Xabi Alonso berhasil melangkah lebih jauh dengan status tersebut, yaitu 40 laga tanpa terkalahkan ketika menang atas Fortuna Dusseldorf di semifinal Piala Jerman.

Catatan tersebut kemudian berlanjut dengan kemenangan atas Union Berlin di pekan ke-28. Ketika itu, Bayer Leverkusen menjadi tim yang tidak terkalahkan terpanjang dalam sejarah Bundesliga dalam satu msuim.

Victor Boniface dan kawan-kawan kemudian menandai pencapaian mereka di pekan ke-29 dengan kemenangan 5-0, yang membuat merek mengunci gelar Liga Jerman. Gelar Bundesliga yang pertama dalam sejarah klub.

Hasil itu kemudian membuat mereka setara dengan klub asal Italia, Juventus, dengan predikat tidak terkalahkan oleh sebuah klub di lima liga besar Eropa, 43 laga. Juventus mencatat rapor tersebut antara 2011 dan 2012.

Bayer Leverkusen kemudian mencatat rekor baru, mematahkan milik Juventus, ketika mereka berhasil mencatat hasil imbang 1-1 lawan West Ham United.

Dengan hasil itu, Bayer Leverkusen tidak terkalahkan dalam 44 pertandingan, sekaligus membawa mereka ke semifinal Liga Europa.

Kembali tampil di Bundesliga, Bayer Leverkusen kemudian imbang atas Borussia Dortmund di Bundesliga.

Hasil di pekan ke-30 itu membuat Bayer Leverkusen tidak terkalahkan dalam 45 laga kompetiti di semua ajang.

Mereka kemudian hanya berjarak tiga laga dari status sebagai tim pertama yang tidak terkalahkan sepanjang musim dalam sejarah kompetisi ini setelah menang di laga selanjutnya, yaitu menghadapi Stuttgart.

Langkah mereka kemudian berlanjut dengan kemenangan atas Eintracht Frankfurt di pekan ke-32 Bundesliga 2023-2024 ini. Hasil yang membuat Bayer Leverkusen menyamai catatan Benfica (Portugal), yang tidak terkalahkan dalam 48 laga di semua ajang.

Benfica sebelumnya memegang rekor itu sendrian selama hampir 59 tahun. Rekor tersebut kemudian dipatahkn ketika menang atas AS Roma di laga kedua semifinal.

Hingga akhirnya, Bayer Leverkusen mencatat rekor baru, dengan sukses meraih kemenangan atas Bochum, kemenangan yang membuat mereka mencatat 50 laga tiak terkalahkan sepanjang musim.

Tidak mengejutkan pula bahwa Bayer Leverkusen kini satu-satunya tim di 5 liga besar top Eropa yang menyandang sttus belum terkalahkan pada 2023-2024 ini.

Hanya Sekali Gagal Mencetak Gol

Catatan tersebut diwarnai dengan 41 kemenangan dari 50 laga itu dan dengan 9 laga lainnya berakir imbang.

Bahkan, dari 50 laga tersebut, hanya sekali Bayer Leverkusen tidak mampu mencetak gol, tepatnya dalam laga lawan Borussia Monchengladbach, tepatnya di pekan ke-19.

Kini, di Liga Jerman, mereka akan menghadapi laga pekan terakhir yaitu menghadapi Augsburg. Mereka berpeluang menjadi tim pertama yang tidak terkalahkan sepanjang musim.

Bahkan, rekor itu bisa bertambah karena Bayer Leverkusen juga akan memainkan dua laga final yaitu di final Piala Jerman dan final Liga Europa tentunya.

Mereka akan menghadapi Atalanta di final Liga Europa dan dilanjutkan dengan laga final Piala Jerman menghadapi Kaiserslautern, untuk melengkapi musim ini menjadi 53 laga tidak terkalahkan pada 2023-2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat