sveosportu.com

BCL Asia 2024: Prawira dan Pelita Jaya Bukukan Kemenangan

Prawira Bandung dan Pelita Jaya di BCL Asia 2024

Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Jakarta mengawali perjuangannya dalam Basketball Champions League (BCL) Asia Qualifiers dengan baik. Dua wakil Indonesia ini kompak meraih kemenangan.

Bermain dalam fase kualifikasi pertama BCL Asia 2024 di Ulaanbaatar, Mongolia, Rabu (3/4/2024), Prawira serta Pelita Jaya sama-sama membuktikan kelas sebagai tim elite Indonesian Basketball League (IBL).

Prawira Bandung, yang berstatus juara IBL 2023, bermain solid melawan wakil tuan rumah Bishrelt Metal di UB Arena, Ulaanbaatar. Yudha Saputera dan kawan-kawan menang dengan skor akhir 83-66. 

Pebasket asing Prawira Antonio Hester tampil impresif. Dominasinya di bawah ring tak terbantahkan. Sang pemain menjadi top skorer dengan 21 poin. Ia juga menyumbangkan delapan rebound dan tiga assist.

Sementara itu, Brandone Francis membukukan 19 poin, delapan rebound, dan lima assist. Yudha Saputera tak ketinggalan. Ia juga mencetak 19 angka, termasuk melalui lima dari tujuh percobaan tripoin. 

Hampir semua dari 11 pemain yang diturunkan pelatih Prawira David Singleton menghadapi Bishrelt Metal mencetak angka. Hanya Teemo Tan dan Pandu Wiguna gagal menyumbang poin. 

Menghadapi klub tuan rumah, Prawira Bandung memimpin perolehan skor sejak kuarter pertama. Bahkan mereka sempat unggul hingga 23 poin atas Bishrelt.

Berkat kemenangan dengan selisih 17 angka ini, untuk sementara Prawira memimpin klasemen Grup A. Pada game kedua, mereka akan bertemu Hong Kong Eastern, yang mengalahkan NS Matrix Deers 80-73, Kamis (4/4/2024). 

Pada pertandingan perdana Kualifikasi BCL Asia 2024 lainnya, Pelita Jaya juga membungkus kemenangan. Andakara Prastawa dan kolega mengalahkan wakil Thailand, Hi-Tech Basketball Club, 99-81.

Penampilan luar biasa diperlihatkan M. Reza Guntara, yang membukukan 20 poin, termasuk melalui lima dari enam percobaan tembakan tiga angka. Ia mencetak hampir separuh dari total tripoint sukses PJ. 

JaQuori Mc Laughlin juga menyumbang 20 poin. Tiga pemain Pelita lainnya pun mencetak dua digit poin, yakni Andakara Prastawa (12) serta dua pebasket asing baru, Justin Brownlee (11), dan Alioune Tew (10).

Kemenangan ini tentunya menjadi modal bagus PJ dalam fase kualifikasi BCL Asia 2024. Runner-up IBL musim lalu tersebut sekarang menduduki peringkat kedua di klasemen sementara Grup B.

Posisi teratas ditempati klub tuan rumah Mongolia, Ulaanbaatar Xac Broncos, yang menang dengan gap skor yang lebih baik dibanding PJ, yakni 98-74 atas wakil Singapura, Adroit Sports Club.

Pelita Jaya memiliki peluang untuk bisa mengambil alih pucuk pimpinan Grup B. Syaratnya, tim asuhan Johannis Winar harus menang atas Ulaanbaatar Xac Broncos dalam game kedua, Kamis besok.   

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat