sveosportu.com

BCL Asia 2024: Comeback, Prawira Atasi Hong Kong Eastern

Cover artikel Prawira Harum Bandung

Prawira Harum Bandung mampu memetik kemenangan pada game pertamanya dalam Round 2 Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 di Britama Arena, Selasa (23/4/2024) malam.

Tetapi skuad asuhan pelatih David Singleton harus susah payah mengatasi Hong Kong Eastern Basketball Team. Pada akhirnya, Prawira unggul 53-50 setelah memperlihatkan comeback di babak kedua. 

Game berjalan tidak ideal bagi Prawira Bandung sepanjang paruh pertama. Mereka lebih dulu tertinggal 12-17 di kuarter pertama, kemudian selisihnya melebar tujuh poin, menjadi 26-33 pada kuarter kedua. 

Situasi makin tidak menguntungkan bagi juara Indonesian Basketball League (IBL) 2023 tersebut setelah mereka harus kehilangan Brandone Francis saat kuarter ketiga berjalan 15 detik akibat disqualifying foul.

Kehilangan pencetak poin andalannya itu, justru membuat Prawira mampu bermain kolektif serta mulai menemukan ritmenya. Terbukti, mereka mampu mencetak 18 poin dan hanya kecolongan lima angka.

Yudha Saputera dan kawan-kawan akhirnya mampu membalikkan situasi, unggul 44-38 di kuarter ketiga. Dari situ Prawira melanjutkan momentumnya pada kuarter keempat hingga memastikan kemenangan.

Dengan keluarnya Brandone Francis, Antonio Hester muncul sebagai top skorer dengan sumbangsih 19 poin. Pebasket asal Amerika Serikat tersebut juga membuat 15 rebound plus dua assist.

James Gist mencetak 9 poin dan 13 rebound. Jagoan lokal Prawira, Indra Muhamad serta Yudha Saputera masing-masing membuat 8 dan 7 poin, termasuk dua tembakan tripoin krusial di kuarter ketiga.

Dari kubu Hong Kong Eastern, Chris Mclaughlin menjadi pemain tersubur dengan membukukan 17 poin dan 10 rebound. Lalu disusul oleh Yiu Pong Yip (12 poin) serta Dominic Gilbert (9 poin dan 15 rebound). 

Kemenangan ini tentu jadi modal bagus bagi Prawira Bandung untuk menjaga peluang lolos ke BCL Asia 2024 sekaligus menghadapi derbi versus Pelita Jaya Basketball Club pada game kedua, Rabu (24/4/2024). 

Laga besok menjadi pertandingan krusial untuk kedua wakil Indonesia tersebut. Pasalnya, siapa pun yang keluar sebagai pemenang bisa dipastikan bakal mengamankan tempat di BCL Asia 2024, Juni nanti.

Pelita Jaya sendiri telah lebih dulu memetik kemenangan melawan NS Matrix Deers. Andakara Prastawa dan kawan-kawan menang secara meyakinkan, 94-79, atas klub basket Malaysia tersebut.  

Hasil itu membuat Pelita Jaya sekarang jadi pemuncak klasemen sementara Putaran 2 Kualifikasi BCL Asia 2024. Mereka memimpin berkat unggul selisih poin dari Prawira, yang berada di peringkat kedua.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat