sveosportu.com

Belanda vs Inggris: Aksi Bukayo Saka Kembali Dinanti

Bukayo Saka menjadi pemain terbaik di laga Inggris vs Swiss pada perempat final Euro 2024. (Yusuf/Skor.id).

- Bukayo Saka akan kembali menjadi andalan Inggris ketika berhadapan dengan Belanda pada babak semifinal Euro 2024 (Piala Eropa 2024).

Pertemuan Belanda vs Inggris di babak semifinal Euro 2024 akan dilangsungkan di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Bukayo Saka mendapat perhatian khusus pada pertandingan terakhir Inggris saat menghadapi Swiss di babak perempat final Euro 2024.

Pengamat Teknis UEFA pada laga tersebut, Fabio Capello dan Avram Grant, memberikan pujian khusus untuk performa pemain Arsenal tersebut.

Menurut Fabio Capello dan Avram Grant, Bukayo Saka adalah pemain yang serba bisa dan patut mendapat perhatian di laga Inggris melawan Swiss.

Bukayo Saka mendapatkan peran sebagai bek sayap kanan, nyatanya ia mampu memberikan performa maksimal selama membela The Three Lions.

Ketika melawan Swiss, sayap lincah Inggris itu mencetak gol penyama kedudukan ketika The Three Lions tertinggal lebih dulu melalui gol Breel Embolo (75').

Saka mencetak gol di menit ke-80, menyelamatkan Inggris dari kekalahan, dan memaksakan laga dilanjutkan ke babak perpanjangan hingga diselesaikan dengan adu penalti.

Bukayo Saka  pencetak gol Inggris lawan Swiss sebelum menang adu penalti, Minggu (7/7/2024) dini hari WIB. (Jovi Arnanda/).
Bukayo Saka menjadi pencetak gol Inggris yang membuat kedudukan 1-1 lawan Swiss sebelum menang adu penalti, Minggu (7/7/2024) dini hari WIB. (Jovi Arnanda/).

"Inggris ingin menciptakan peluang di sisi kanan dengan Saka," ujar Pengamat Teknis UEFA usai laga Inggris melawan Swiss.

"Di akhir babak pertama, misalnya, dia melakukan dua aksi satu lawan satu yang luar biasa di area yang sangat kecil. Dia juga bertahan dengan sangat baik di sisi itu," ujarnya menambahkan.

Kinerja Saka menunjukkan kerja kerasnya sepanjang laga, ia menjadi pemain yang paling banyak membawa bola ke sepertiga akhir lapangan (25 kali), dan juga umpan silang terbanyak (sembilan).

Saka juga aktif melakukan pergerakan tanpa bola di sepanjang pertandingan, dia juga mencatatkan lari di belakang terbanyak dibanding pemain lain (15 kali).

Pada laga menghadapi Swiss, 63 persen serangan The Three Lions ke arah sayap kanan mereka, saka menerima 25 dari 45 bola yang dimainkan di sana.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, memberikan komentar mengenai peran Saka di sisi kanan, dan puas dengan penampilannya sejauh ini.

"Kami merasa dengan bola, pola yang kami gunakan menyebabkan masalah di sisi blok mereka. Bersama Bukayo, kami tahu kami memiliki keunggulan satu lawan satu di area tersebut, dan dia terus memberikan performa terbaiknya," ujar Gareth Southgate.

"Dia sekarang mempunyai lebih banyak pengalaman dalam momen-momen penuh tekanan dan performanya secara keseluruhan sangat luar biasa," ujarnya.

"Detail tentang bagaimana dia harus bertahan, melacak, dan berada di posisi yang tepat sangatlah rumit di sisi lapangan [dan] kemudian memberi kami jalan keluar dalam situasi satu lawan satu. Benar, dia menyimpan catatan positif itu. Penampilannya luar biasa," ujar Southgate menambahkan.

Laga melawan Belanda di babak semifinal Euro 2024 bisa menjadi pembuktian Saka bahwa ia bisa tetap berkontribusi meski mendapatkan peran baru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat