sveosportu.com

Pelatih Filipina Sesumbar Bisa Taklukkan Timnas Indonesia

Tom Saintfiet - Timnas Filipina

- Timnas Filipina saat ini masih terpuruk di Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Itu setelah, mereka kini terdampar di posisi juru kunci Grup F dengan satu poin.

Itu hasil dari empat laga yang telah dijalani, tim berjulukan The Azkals ini cuma meraih satu kali imbang dan menderita tiga kekalahan.

Satu-satunya hasil imbang mereka dapatkan saat menjamu Timnas Indonesia di Stadion Rizal Memorial, Manila, 21 November 2023. Ketika itu, kedua tim bermain imbang 1-1.

Kendati begitu, pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet, tetap optimistis timnya bisa melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dia pun mengungkapkan, setelah kekalahan telak 0-5 dari Irak di laga terakhir, 26 Maret lalu, dia bersama timnya melakukan introspeksi. Dia pun menegaskan masih ada harapan untuk lolos ke babak berikutnya.

Asalkan mereka bisa menuai kemenangan di dua laga tersisa ketika menghadapi Vietnam (6/6/2024) dan Timnas Indonesia (11/6/2024). Dengan demikian, Filipina akan menutup putaran kedua dengan tujuh poin.

“Kami bisa mendapatkan tujuh poin. Dan jika kami mendapatkan tujuh poin, itu berarti kami mengalahkan Indonesia (di posisi klasemen),” kata Tom Saintfiet, seperti dikutip ABS CBN News. 

“Dan dari pengetahuan saya, head to head diperhitungkan sebelum selisih gol. Jadi jika kami mengalahkan Indonesia dan mereka bermain imbang di sini, itu berarti kami akan berada di atas Indonesia. Selama kami memiliki harapan, selama kami hidup, kami tidak mati,” pelatih asal Belgia itu menegaskan. 

Sementara ini, Timnas Indonesia memang berada di posisi lebih baik yaitu menempati posisi kedua klasemen Grup F dengan tujuh poin. Itu hasil dari dua kali menang, satu imbang, dan menderita satu kekalahan. 

Kemudian ada Vietnam yang membuntuti di posisi ketiga dengan tiga poin dari empat pertandingan. Sementara posisi pertama ditempati Irak dengan 12 poin. Irak juga menjadi salah satu tim yang sudah memastikan tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Itu lantaran, jumlah poin mereka sudah tidak mungkin dikejar lagi oleh Vietnam yang ada di peringkat ketiga. 

Sekadar mengingatkan, yang bisa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 hanya juara dan runner-up grup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat