sveosportu.com

Exco PSSI: Tidak Usah Banyak Asumsi Soal Shin Tae-yong

Shin Tae-yong. (Dok. PSSI/Grafis Jovi Arnanda)

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, belum menandatangani kontrak baru. Diketahui, kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia akan berakhir pada 30 Juni 2024. 

Sebelumnya beredar kabar kalau Shin Tae-yong masuk radar pelatih baru Timnas Korea Selatan. 

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, pun ikut merespons hal tersebut. Dia mengatakan, kalau Shin Tae-yong sedang sakit. Saat ini pelatih berusia 53 tahun itu sedang berada di kampung halamannya, Korea Selatan, sejak pertengahan Juni lalu. 

Arya Sinulingga juga menyebutkan kalau Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) belum mengeluarkan keterangan resmi terkait ketertarikan mereka terhadap Shin Tae-yong.

“Kan sudah dibilang pak Ketum (Erick Thohir), lagi sakit, tolong enggak usah banyak (asumsi), dari KFA belum ada resmi mengatakan kalau dia (KFA) tertarik (dengan) Shin Tae-yong, belum ada,” kata Arya Sinulingga kepada awak media, di GBK Arena, Senayan, Selasa (25/6/2024). 

Sebelumnya, Shin Tae-yong memang pernah mengatakan kalau sudah menyepakati secara lisan perpanjangan kontrak untuk kembali menukangi Timnas Indonesia.

Dalam hal ini, PSSI telah menyodorkan perpanjangan kontrak kepada Shin Tae-yong hingga 2027. Kontrak pun sudah diberikan oleh Federasi Sepak Bola Tanah Air itu sejak dua minggu lalu kepada mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Artinya, Shin Tae-yong  tinggal meneken kontrak baru yang telah disodorkan tersebut.

“Begini, ketika kami ngomong, harus tahu kontrak bisnis, ketika sudah mau tanda tangan, klausul, poin-poin sudah beres, sudah selesai diskusi, kecuali Pak Erick (Thohir) bilang kontraknya masih berproses, itu berarti masih negosiasi,” tutur Arya Sinulingga.

“Tinggal tanda tangan kata Pak Erick Thohir. Pak Erick bilang kalau ada yang tertarik apa boleh buat, tapi yang pasti dari sisi bisnis PSSI sudah melakukan semua,” Arya Sinulingga menjelaskan. 

Karena sakit, Shin Tae-yong juga tidak menemani Erick Thohir dalam drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Rencananya, kegiatan tersebut akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, 27 Juni 2024.

“Setelah konsultasi dengan tim medis, diputuskan Shin Tae-yong akan fokus pada proses kesembuhannya selama 2-3 minggu ke depan,” tulis PSSI.

“Saya minta agar coach Shin dapat fokus pada pemulihannya dengan tenang, agar dapat kembali dengan sehat dan pulih,” tegas Erick Thohir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat