sveosportu.com

Bertanding di Kuwait, Timnas U-16 Antisipasi Kondisi Cuaca

Nova Arianto sebagai pelatih Timnas U-16 Indonesia. (Yusuf/Skor.id)

- Timnas U-16 Indonesia dipastikan tergabung di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Dalam grup tersebut, Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Fase Grup G akan dimainkan di Kuwait pada 23-27 Oktober 2024. Pada laga perdana, Timnas U-16 Indonesia langsung menghadapi tuan rumah Kuwait, 23 Oktober nanti.

Selanjutnya, skuad Garuda Muda bakal melawan Kepulauan Mariana Utara (25/10/2024), dan di laga pemungkas menantang Australia (27/10/2024).

Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, pun menegaskan tidak ada lawan yang mudah di grup tersebut.

“Memang kami harus mewaspadai semua tim yang ada di grup ini. Termasuk Australia dan Kuwait sebagai tuan rumah karena memiliki tradisi yang baik dalam sepak bola di Asia,” ujar Nova Arianto, dalam unggahan akun Instagram resmi Timnas Indonesia, Selasa (18/6/2024).

“Tapi harapannya kita pernah ada kenangan yang baik di Kuwait. Waktu itu saya (asisten pelatih) Timnas senior, kita lolos ke Piala Asia saat bertanding di Kuwait. Dan harapannya prestasi itu bisa kita ulangi lagi dan Timnas U-16 bisa lolos ke Piala Asia,” Nova Arianto menambahkan.

Memang, pada Juni 2022, Nova ketika itu menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia yang dipimpin Shin Tae-yong untuk menjalani Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Saat itu, Timnas Indonesia segrup dengan Yordania, tuan rumah Kuwait, dan Nepal.

Hasilnya, skuad Garuda berhasil menang dua kali atas Kuwait (2-1) dan Nepal (7-0), serta kalah sekali dari Yordania (0-1). Mereka pun lolos sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik ke Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada Januari 2024.

Berdasarkan pengalaman itu, Nova pun sudah memahami apa yang harus dipersiapkan timnya untuk bertanding di Kuwait.

“Di Kuwait memiliki cuaca yang cukup panas dan lembab dan itu menjadi perhatian kami ke depannya. Dalam persiapan menuju ke Kuwait, kami harus berkomunikasi soal cuaca termasuk dengan adaptasinya mulai dari pemusatan latihan di negara yang punya cuaca tidak beda jauh dengan di Kuwait,” kata Nova. 

“Dan harapannya pemain bisa beradaptasi dengan baik dan di saat pertandingan resmi pemain bisa tampil maksimal,” eks bek Timnas Indonesia itu menuturkan.

Sebelumnya, Timnas U-16 Indonesia akan terlebih dahulu bertanding di ASEAN U-16 Championship 2024. Ajang tersebut akan digelar di Solo pada 21 Juni-4 Juli 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat