sveosportu.com

Bojan Hodak Ingin Akhiri ‘Kutukan’ Persib di Liga 1

bojan hodak persib

- Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, menegaskan kesiapan timnya untuk menghadapi Liga 1 2024-2025 yang bakal menggunakan kembali sistem kompetisi penuh tanpa adanya babak championship series.

Seperti diketahui, babak championship series memang baru pertama kali diterapkan pada Liga 1 2023-2024. Itu juga membuat Persib akhirnya menjadi juara.

Padahal, pada babak reguler series, Persib hanya menempati posisi kedua di bawah Borneo FC.

Itu kembali membuktikan bahwa Persib memang baru bisa juara jika sistem kompetisi bukan kompetisi penuh alias bila menerapkan yang ujungnya ada babak final.

Sejak era Liga Indonesia dimulai pada 1994-1995, Persib hanya bisa menjadi juara kompetisi kasta tertinggi saat diterapkan sistem yang ada babak finalnya. Itu terjadi pada musim 1994-1995, 2014, dan 2023-2024.

Prestasi terbaik saat diterapkan sistem kompetisi penuh adalah pada musim 2021-2022 saat menjadi runner-up klasemen akhir.

Meski begitu, Bojan Hodak tidak khawatir dengan rekam jejak tersebut. Dia pun merasa sistem kompetisi penuh akan jauh lebih adil. Dan dia optimistis bisa membawa tim berjulukan Maung Bandung bisa menghapus ‘kutukan’ tidak pernah juara kompetisi kasta tertinggi jika menggunakan sistem kompetisi penuh.

“Jika ada tim yang benar-benar memulai liga dengan penampilan terbaik di 34 pertandingan akan menjadi juara,” ujar Bojan Hodak, dikutip laman resmi Persib.

“Selalu ada hal bagus terjadi untuk pertama kalinya seperti sebelumnya kami tidak pernah menang melawan Bali (United). Lalu sebelumnya juga belum pernah ada pelatih asing yang membawa Persib meraih trofi,” jelas pelatih asal Kroasia itu.

“Jadi selalu ada hal yang pertama kali terjadi dan besar harapannya tahun depan (menjadi juara),” tegasnya.

Namun, tentunya untuk mempertahankan gelar juara tidak akan mudah bagi Persib. Apalagi konsentrasi mereka juga akan terpecah lantaran harus tampil di pentas AFC Champions League 2 (ACL 2) 2024-2025. Untuk ajang tersebut, Persib bakal langsung tampil di babak utama tanpa melalui play-off.

Berdasarkan jadwal sementara yang dirilis, Persib bakal menjalani laga pembuka menghadapi PSBS Biak, yang merupakan juara Liga 2 2023-2024, di kandang sendiri. Laga tersebut rencananya akan digelar pada 9 Agustus 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat