sveosportu.com

Makanan yang Buat Anda Terhidrasi dan Fit di Musim Panas

Mentimun, tomat, dan sayuran berwarna hijau membuat Anda tetap terhidrasi dan fit pada musim panas. (Jovi Arnanda/Skor.id)

– Tahukah Anda bahwa bayam dan mentimun mengandung 96 persen air, diikuti tomat sebanyak 93 persen, dan semangka sebanyak 92 persen? 

Saat musim panas seperti ini, memasukkan buah-buahan dan sayuran kaya air ke dalam makanan Anda bisa sangat bermanfaat untuk tetap terhidrasi, menjaga keseimbangan elektrolit, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Seperti diketahui, dehidrasi dapat menyebabkan masalah seperti kelelahan, sakit kepala, dan komplikasi yang lebih parah jika tidak ditangani. Hidrasi yang cukup sangat penting untuk berbagai fungsi fisiologis, termasuk mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, mengangkut nutrisi, dan membuang racun. 

Itu sebabnya daftar buah-buahan dan sayuran berikut ini, yang semuanya memiliki kandungan nutrisi tambahan, merupakan pilihan yang aman untuk musim ini.

Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sekitar 92 persen. Selain itu, buah ini kaya akan antioksidan, potasium, vitamin C, likopen, beta karoten, serat dan fitokimia bioaktif. 

Pun begitu, banyak yang bertanya apakah semangka aman untuk penderita diabetes. Gunakan kontrol porsi karena memiliki indeks glikemik (GI) tinggi yaitu 72, yang dianggap sedang hingga tinggi. 

Namun, karena mengandung 92 persen air dan kaya akan serat, yang menunda pelepasan gula dalam aliran darah setelah makan dan membatasi asupan kalori dengan mencegah rasa lapar, semangka memiliki kandungan glikemik (GL) yang sangat rendah yaitu lima per porsi sebanyak 120 gram. 

GI adalah ukuran seberapa cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula darah dan makanan dengan indeks GI rendah umumnya dianggap lebih baik bagi penderita diabetes. Sedangkan GL adalah ukuran yang memperhitungkan jumlah karbohidrat dalam suatu porsi makanan dan seberapa cepat makanan tersebut meningkatkan kadar glukosa darah. 

Jadi meski GI tinggi yang membuat gula masuk ke aliran darah dengan cepat, irisan semangka sebenarnya tidak mengandung banyak gula, asalkan Anda tidak mengonsumsinya terlalu banyak. 

Hal ini menunjukkan bahwa mengonsumsi semangka dalam bentuk buah utuh adalah pilihan yang aman dan lezat bagi penderita diabetes, non-penderita diabetes, dan semua orang di antaranya.

Mentimun

Buah adalah favorit musim panas lainnya yang dikenal karena kerenyahannya yang menyegarkan dan kandungan airnya yang tinggi, yakni sekitar 96 persen. Kandungan seratnya yang tinggi membantu pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang, mengurangi kemungkinan makan berlebihan dan mencegah lonjakan gula setelah makan. 

Ini menjadikan mentimun camilan ideal bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan berlebih. Mentimun bersifat anti inflamasi dan mengandung senyawa seperti potasium dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat dengan melebarkan arteri, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Serat mengatur kolesterol. Mentimun memiliki GI yang rendah sehingga cocok untuk menstabilkan kadar gula darah. Hanya ada 16 kalori dalam secangkir mentimun dengan kulitnya. Cucurbitacins dalam mentimun membantu mengatur produksi insulin dan metabolisme glikogen hati, hormon kunci dalam pengolahan gula darah.

Keluarga Buah Beri

Buah-buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry, kaya akan vitamin, antioksidan, dan air. Meskipun kandungan airnya mungkin sedikit berbeda tergantung pada jenis buah beri, umumnya berkisar antara 85 persen hingga 92 persen air. 

Kombinasi air dan nutrisi dalam buah beri mendukung hidrasi, membantu perbaikan sel, dan membantu melawan stres oksidatif. Antioksidan yang ditemukan dalam buah beri, seperti vitamin C dan polifenol, berperan penting dalam mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan melindungi dari penyakit kronis.

Tomat 

Makanan pokok musim panas ini memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 95 persen. Ia kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan seperti likopen, yang telah dikenal dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan jenis kanker tertentu. Memasukkan tomat segar ke dalam salad, sandwich, atau saus bisa menjadi cara yang lezat dan menghidrasi untuk menikmati makanan musim panas.

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran yang termasuk kategori ini di antaranya selada, bayam, dan kangkung. Tanaman ini tidak hanya padat nutrisi tetapi juga mengandung banyak air, biasanya berkisar antara 90 persen hingga 96 persen. Dikenal untuk membantu pencernaan, fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan jantung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat