sveosportu.com

Piala Dunia Futsal Wanita 2025 Dipastikan Bukan di Indonesia

Piala Dunia Futsal Wanita 2025 di Filipina.

- FIFA telah memastikan negara yang menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia Futsal Wanita 2025, dan bukan Indonesia.

Sebelumnya sempat menyeruak kabar bahwa Indonesia ditawari FIFA menjadi negara penyelenggara Piala Dunia Futsal Wanita 2025.

Namun kini telah dipastikan, penyelenggaraan Piala Dunia Futsal Wanita edisi pertama tersebut tidak akan dimainkan di Indonesia.

Melainkan di Filipina, yang telah diumumkan sebagai negara penyelenggaraan turnamen futsal putri antarnegara di Dunia tersebut.

Seiring dengan pengumuman FIFA, Rabu (15/5/2024), Timnas futsal putri Filipina pun menjadi tim pertama yang lolos ajang tersebut.

Berbeda dengan Piala Dunia Futsal (laki-laki), untuk kategori wanita diikuti oleh lebih sedikit peserta yakni 16 tim (berbading 24).

Lebih detailnya adalah, selain satu tim tuan rumah, ada tiga tim dari zona Asia (AFC), dua Afrika (CAF), dan empat Eropa (UEFA).

Lalu tiga tim dari Amerika Selatan (CONMEBOL), dua Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF), serta satu Oseania (OFC).

Nantinya 16 peserta Piala Dunia Futsal Wanita akan dibagi jadi empat grup pada fase penyisihan. Dua tim terbaik lolos ke babak gugur.

Pada babak gugur terdapat fase perempaf final, semifinal, perebutan tempat ketiga, dan tentu saja final untuk menentukan juaranya.

Cover timnas futsal putri Indonesia.
Timnas futsal putri Indonesia. (Yusuf/)

Adapun Federasi Sepak bola Filipina (PFF) diketahui belakangan sangat serius membangun futsal mereka, termasuk di kategori putri.

Tahun lalu mereka menggelar turnamen bertajuk PFF Women's Futsal Trination Invitational 2023 yang sukses dimenangkan Indonesia.

Timnas futsal putri Indonesia menjadi kampiun setelah mengalahkan tim tuan rumah dengan skor 5-2 di final pada 22 Oktober 2023.

Sementara itu pada Ranking Futsal Dunia yang pertama kali dirilis FIFA di 10 Mei 2024, tim putri Indonesia memang masuk papan atas.

Timnas futsal putri Indonesia menempati peringkat ke-14 atau di atas kertas masuk dalam 16 tim terbaik Dunia, walau di Asia jadi kelima.

Hingga tulisan ini dibuat, belum ada informasi resmi soal kualifikasi dari setiap konfederasi, termasuk AFC, menuju Piala Dunia Futsal Wanita 2025.

Seperti kategori putra, untuk zona AFC kemungkinan diambil dari Piala Asia Futsal. Gelaran kategori wanita ada pada 2025 di Jepang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat