sveosportu.com

Cedera ACL, Cameron Brink Batal Main di Olimpiade 2024

Pebasket perempuan pertama di roster New Balance, Cameron Brink. (Hendy Andika/Skor.id)

- Pebasket muda Amerika Serikat, Cameron Brink, mengalami nasib sial yang memaksanya batal berangkat ke Paris, Prancis untuk ajang Olimpiade 2024.

Sekitar sebulan sebelum Olimpiade 2024 resmi digelar, Cameron Brink justru menderita cedera ACL yang akan membuatnya menepi dalam waktu lama.

Rookie andalan Los Angeles Sparks mendapatkan cedera saat menghadapi Connecticut Sun dalam laga lanjutan WNBA 2024 yang digelar Rabu (19/6/2024).

Laga belum genap berjalan empat menit, Cameron Brink tiba-tiba terjatuh saat berupaya melakukan manuver drive ke paint area lawan.

Perempuan 22 tahun itu kemudian memegangi lutut kirinya sambil berteriak kesakitan. Ia pun tampak kesulitan untuk berdiri dan berjalan keluar lapangan.

Cameron Brink pada akhirnya dapat bantuan dari staf Los Angeles Sparks yang memapahnya untuk meninggalkan area pertandingan dan kembali ke ruang ganti.

Sehari setelah insiden tersebut, Los Angeles Sparks mengeluarkan pernyataan resmi terkait cedera yang dialami Cameron Brink.

Alumnus Stanford University itu didiagnosis menderita cedera ACL di lutut kiri. Pihak klub pun akan memberi tahu terkait kondisi pemain dalam beberapa hari ke depan.

Akan tetapi, sejumlah pihak memperkirakan Brink butuh waktu cukup lama untuk pulih dari cedera ACL dan kembali ke lapangan.

Bahkan, The Next Hoops memprediksi Brink bakal absen memperkuat Sparks hingga akhir musim WNBA 2024 yang dijadwalkan bergulir hingga pertengahan September nanti.

Jika prediksi itu benar adanya, maka Cameron Brink tidak hanya akan melewatkan sisa musim WNBA 2024 tetapi juga kesempatan tampil di Olimpiade 2024.

Pada awal Juni lalu, pemain yang jadi pick kedua dalam WNBA Draft 2024 itu sudah dapat panggilan untuk memperkuat timnas basket 3x3 putri Amerika Serikat di Olimpiade 2024.

Cameron Brink bakal kembali bahu-membahu dengan Hailey Van Lith dan Cierra Burdick yang tahun lalu jadi juara FIBA 3x3 World Cup 2023 yang digelar di Wina, Austria.

Sedangkan Linnae Harper yang juga jadi bagian skuad jawara FIBA 3x3 World Cup 2023 tak akan tampil di Olimpiade 2024. Posisinya digantikan oleh Rhyne Howard.

Namun, cedera yang dialami Cameron Brink memaksa timnas basket 3x3 Amerika Serikat harus mencari sosok pengganti yang akan diumumkan sebelum Olimpiade 2024 dimulai.

“Akibat cederanya Cam, kami akan memulai proses pemilihan atlet untuk bergabung dengan timnas basket 3x3 putri Amerika Serikat,” bunyi pernyataan USA Basketball.

“Kami berharap Cam dapat segera kembali ke lapangan dan mewakili tim Merah, Putih, Biru (warna kebesaran Amerika Serikat).”

Cedera yang dialami Cameron Brink jelas menimbulkan kehilangan besar dan sangat bedampak pada kekuatan tim basket 3x3 putri Amerika Serikat.

Apalagi Cameron Brink sebelumnya tampil cemerlang hingga dinobatkan sebagai MVP alias pemain terbaik FIBA 3x3 World Cup 2023.

Sementara itu, Cameron Brink mengaku sempat terpukul dengan cedera yang didapat beserta dampak yang bakal memengaruhi perjalanam kariernya sebagai pebasket.

Akan tetapi, perempuan berpostur 193 cm itu menyebut peristiwa ini bakal jadi pembelajaran tersendiri dan membuatnya makin kuat menghadapi masa depan.

“Anda tak pernah berpikir itu (cedera) akan terjadi pada Anda. Meskipun sudah bekerja keras, terkadang hal itu tetap saja terjadi,” tulis Brink dalam caption Instagram pribadinya.

“Ini sulit untuk dipahami tetapi saya tahu ini hanya akan membuat saya lebih kuat. Saya tak akan terpuruk dan saya akan terus mencintai kehidupan ini.”

“Basket adalah sesuatu yang sangat saya sukai dan saya akan bekerja setiap hari untuk kembali. Ini bukan 'selamat tinggal', ini hanyalah 'sampai jumpa lagi',” ia memungkasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat