sveosportu.com

Cedera Lutut, Novak Djokovic Mundur dari French Open 2024

Petenis Novak Djokovic meminum air putih dan air berwarna dalam sebuah pertandingan (Dede Mauladi/Skor.id).

Novak Djokovic dipastikan gagal mempertahankan gelar tunggal putra Grand Slam French Open. Petenis Serbia ini terpaksa mundur dari turnamen akibat menderita cedera lutut kanan. 

Kabar tersebut diumumkan setelah Djokovic menjalani MRI. Hasil pemeriksaan menunjukkan sang juara bertahan French Open atau Roland Garros meniscus medial di lutut kanannya robek. 

Itu adalah kondisi yang memerlukan operasi arthroscopy tergantung seberapa besar robekannya. Cedera diderita Djokovic saat meraih kemenangan dramatis lima set selama 4 jam 39 menit atas Francisco Cerundolo, Senin (3/6/2024).    

“Karena robek meniscus medial pada lutut kanannya, Novak Djokovic, yang seharusnya bermain melawan Casper Ruud di perempat final besok, terpaksa mundur dari turnamen Roland Garros,” bunyi pernyataan penyelenggara French Open. 

Cedera diduga terjadi gara-gara dipicu insiden ketika Djokovic terpeleset di lapangan tanah liat Philippe-Chatrier. Ia bahkan sempat mendapat perawatan dari tim medis sehingga bisa bermain lagi dan menang.

Nole, sapaan akrab Novak Djokovic, meyakini hujan dan kondisi cuaca buruk telah memengaruhi kondisi lapangan, yang menjadi lebih licin karena lapisan atas tanah liat tergerus. 

Pemilik 24 titel Grand Slam tersebut telah menyampaikan masalah ini kepada pengawas turnamen, Wayne McKewen. Ia mengaku frustrasi karena lapangan tidak disapu lebih sering.

“Sepertinya sebagian tanah liat hilang, hanya tersisa sangat sedikit, hampir tidak ada tanah liat di lapangan. Karena kondisi yang lebih kering dan panas, itu memengaruhi tanah liat sedemikian rupa, lapangan jadi sangat licin,” ungkap Djokovic. 

“Jadi cedera yang saya alami pada lutut terjadi gara-gara itu, karena saya terpeleset, dan kerap tergelincir. Maksudnya, semua orang meluncur di tanah liat, tetapi saya terlalu sering terpeleset,” ia menambahkan. 

Cedera lutut kanan Novak Djokovic ternyata cukup parah. Ini yang membuatnya dengan berat hati mundur dari French Open 2024, untuk sementara menunda ambisinya meraih gelar Grand Slam ke-25.

“Saya sangat sedih harus mengumumkan bahwa saya mundur. Saya dan tim sudah mengambil keputusan yang berat setelah melalui pertimbangan dan konsultasi secara cermat,” kata Djokovic. 

Tidak hanya itu, Nole pun kehilangan statusnya sebagai tunggal putra nomor satu dunia. Posisinya bakal digantikan oleh petenis muda Italia, Jannik Sinner, yang lolos ke semifinal, begitu Roland Garros selesai.               

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat