sveosportu.com

Cetak Gol Debut, Thom Haye Rasakan Momen Spesial

Pemain Timnas Indonesia, Thom Haye. (Foto: Yogie Gandanaya/Grafis: Yusuf/Skor.id)

- Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye, tidak menutupi rasa senangnya usai mengantarkan timnya menaklukkan Filipina dalam laga terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB, itu Timnas Indonesia menang dengan skor 2-0.

Thom Haye mencetak gol pembuka skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia, lewat sepakan terukurnya dari luar kotak penalti pada menit ke-32. Satu gol lagi dicetak Rizky Ridho melalui sundulan yang menerima umpan tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On pada menit ke-56.

Berhasil mencetak gol dan mengantarkan Timnas Indonesia meraih kemenangan terasa begitu spesial bagi Thom Haye.

“Ya, bagi saya ini adalah malam yang sangat spesial. Ini gol pertama saya bagi Timnas Indonesia di kandang. Semua keluarga dan teman-teman di sini. Keluarga saya dari Jakarta di sini. Jadi hari ini sangat spesial buat saya,” ujar gelandang berusia 29 tahun itu, selepas pertandingan.

Seperti diketahui, ini menjadi laga keempat bagi pemain yang musim 2023-2024 bermain di klub Belanda, SC Heerenveen, itu bersama Timnas Indonesia.

Thom Haye menjalani debutnya bersama skuad asuhan Shin Tae-yong pada 26 Maret 2024. Ketika itu, dia ikut berperan membawa Timnas Indonesia menang telak 3-0 di kandang Vietnam. 

Setelah itu, dia juga ditampilkan saat Timnas Indonesia bermain imbang tanpa gol dengan Tanzania (02/06/2024), dan kalah dari Irak, 0-2, 6 Juni lalu.

Pada laga melawan Filipina, Thom Haye mampu menjadi pengatur ritme permainan tim dengan umpan-umpan terukurnya. 

Bermain selama 90 menit, dia melakukan lima kali umpan kunci, tiga intersep, dua tekel sukses, dengan akurasi umpan mencapai 80 persen.

Pemain yang dijuluki profesor itu pun mendapatkan rating tertinggi 8.5, yang sekaligus menahbiskannya menjadi Man of the Match (MotM) di laga tersebut.

Sementara itu, kemenangan ini membuat Timnas Indonesia dipastikan melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus lolos ke Piala Asia 2027.

Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari negara Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat