sveosportu.com

Daftar Atlet Indonesia yang Lolos ke Olimpiade 2024

Olimpiade Paris 2024

- Olimpiade Musim Panas edisi ke-33 dijadwalkan berlangsung di Paris, Prancis pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 mendatang.

Menurut rencana, ada 329 medali emas yang bakal diperebutkan dalam Olimpiade 2024 dari berbagai cabang olahraga.

Walau Olimpiade 2024 masih digelar beberapa bulan lagi, atlet-atlet dari segala penjuru dunia sudah bekerja keras untuk mengamankan tiket ke Paris, Prancis.

Mereka berjuang menembus Olimpiade 2024 via sistem kualifikasi yang diterapkan masing-masing induk organisasi suatu cabang olahraga.

Sejauh ini, Indonesia telah meloloskan enam atlet ke Olimpiade 2024 dari empat cabang olahraga berbeda. Berikut daftarnya:

1. Arif Dwi Pangestu (Panahan)

Atlet panahan Indonesia, Arif Dwi Pangestu

Arif Dwi Pangestu jadi atlet Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade 2024. Ia lolos via Kejuaraan Dunia Panahan 2023 yang digelar di Berlin, Jerman tahun lalu.

Dalam ajang tersebut, Arif Dwi Pangestu yang menduduki seed ke-49 membuat kejutan dengan menembus semifinal nomor recurve individu putra.

Atlet 19 tahun itu akhirnya finis keempat usai dikalahkan Eric Peters (Kanada) di semifinal dan Marcus D'Almeida (Brasil) di laga perebutan perunggu yang digelar 6 Agustus 2023.

Sejatinya, tiket Olimpiade 2024 disiapkan untuk penghuni tiga besar dalam nomor recurve individu putra Kejuaraan Dunia Panahan 2023. 

Namun, Arif Dwi Pangestu berhak mendapat "limpahan" tiket Olimpiade 2024 lantaran Mete Gazoz (Turki) yang jadi juara recurve individu putra sudah lolos via nomor beregu.

Baca Selengkapnya: Finis Ke-4 di Kejuaraan Dunia Panahan 2023, Arif Dwi Pangestu Kantongi Tiket Olimpiade 2024

2. Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing) 

Desak Made Rita Kusuma Dewi, atlet panjat tebing Indonesia

Tiket Olimpiade 2024 kedua untuk kontingen Indonesia dipersembahkan oleh atlet panjat tebing bernama Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Perempuan 23 tahun tersebut lolos ke Olimpiade 2024 berkat pencapaian gemilang menjuarai ajang IFSC Climbing World Championship 2023.

Dalam kejuaraan yang berlangsung di Bern, Swiss itu, Desak Made Rita Kusuma Dewi datang sebagai unggulan kedua nomor speed putri.

Desak Made Rita Kusuma Dewi pun mampu menjaga konsistens penampilan hingga akhirnya menembus partai final yang dihelat 11 Agustus 2023.

Kala itu, Desak Made Rita Kusuma Dewi menuntaskan rintangan dalam waktu 6,49 detik atau lebih cepat 0,18 detik atas Emma Hunt (Amerika Serikat) yang jadi rivalnya di final.

Baca Selengkapnya: Sabet Emas Kejuaraan Dunia Panjat Tebing, Desak Made Rita Lolos ke Olimpiade 2024

3. Diananda Choirunisa (Panahan)

Diananda Choirunisa lolos Olimpiade 2024

Diananda Choirunisa mengamankan tiket Olimpiade 2024 berkat keberhasilan menyabet medali perunggu Asian Games 2022 yang digelar di Hangzhou, Cina tahun lalu.

Perempuan 26 tahun itu menyabet medali perunggu Asian Games 2022 dari nomor mixed team recurve saat berpasangan dengan Riau Ega Agatha Salsabila.

Awalnya, Diananda Choirunisa tak menyadari bahwa keberhasilan meraih perunggu Asian Games 2022 pada 4 Oktober 2023 juga mengantarnya menembus Olimpiade 2024.

Tim panahan Indonesia dan Diananda Choirunisa baru mengetahui kelolosan tersebut usai pihak World Archery membuat pengumuman jelang seremoni penyerahan medali.

Sayang, tiket Olimpiade 2024 tak didapatkan Riau Ega Agatha Salsabila meski sama-sama meraih perunggu Asian Games 2022 karena berkaitan dengan kuota kelolosan.

Baca Selengkapnya: Dapat Perunggu Asian Games 2022, Diananda Choirunisa Amankan Tiket Olimpiade 2024

4. Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik)

Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi

Sejarah ditorehkan Rifda Irfanaluthfi sebagai atlet senam artistik pertama asal Indonesia yang bakal tampil di Olimpiade usai sukses mengamankan tiket ke Paris 2024.

Rifda Irfanaluthfi lolos ke Olimpiade 2024 via prestasi yang ditorehkan di World Artistic Gymnastics Championships 2023 pada 1–8 Oktober tahun lalu.

Dalam kejuaraan yang bergulir di Antwerp, Belgia tersebut, Rifda Irfanaluthfi mengakhiri kompetisi dengan menduduki peringkat ke-52 dalam klasemen all-around putri.

Akan tetapi, perempuan 24 tahun itu berhak mendapat tiket Paris 2024 karena sejumlah pesenam dengan peringkat lebih baik sudah lolos via jalur lain.

Rifda Irfanaluthfi tercatat lolos ke Olimpiade 2024 lewat jalur realokasi kuota tuan rumah. Prancis sendiri meloloskan wakil-wakilnya via nomor tim putri di World Artistic Gymnastics Championships 2023.

Baca Selengkapnya: Ukir Sejarah, Pesenam Rifda Irfanaluthfi Raih Tiket Olimpiade 2024

5. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing)

Rahmad Adi Mulyono

Rahmad Adi Mulyono lolos ke Olimpiade 2024 menyusul keberhasilan menjuarai ajang IFSC Asian Qualifier 2023 yang berlangsung di Jakarta pada 9–12 November lalu.

Dalam ajang tersebut, Rahmad Adi Mulyono berebut satu tiket Paris 2024 dengan 24 atlet panjat tebing lainnya yang turun di nomor speed putra.

Rahmad Adi Mulyono sendiri bukan sosok yang difavoritkan bisa jadi juara nomor speed putra IFSC Asian Qualifier 2023 di Jakarta. 

Apalagi dirinya bersaing dengan atlet panjat tebing top dunia mulai dari Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin hingga Wu Peng asal Cina.

Rahmad Adi Mulyono akhirnya jadi juara nomor speed putra IFSC Asian Qualifier 2023 di Jakarta usai mengalahkan Kiromal Katibin pada partai final.

Baca Selengkapnya: Rahmad Adi Mulyono Amankan Tiket Olimpiade 2024, Target FPTI Terpenuhi

6. Fathur Gustafian (Menembak)

Fathur Gustafian

Fathur Gustafian sukes mengamankan tiket Olimpiade 2024 via ajang Asian Rifle/Pistol Championships 2024 yang berlangsung di Jakarta.

Dalam ajang tersebut, Fathur Gustafian berhasil finis keempat dalam babak final nomor 10 meter air rifle putra yang digelar Rabu (10/1/2024).

Hasil itu sejatinya belum cukup untuk membuat Fathur Gustafian lolos ke Olimpiade 2024 karena hanya ada dua tiket yang diperebutkan di nomor 10 meter air rifle putra.

Namun, atlet 25 tahun tersebut seperti ketiban "durian runtuh" lantaran dapat limpahan tiket Olimpiade 2024 dari kontestan lain.

Ma Sihan (Cina) dan Rudrankksh Balasaheb Patil (India) yang meraih emas dan perunggu nomor 10 meter air rifle putra Asian Rifle/Pistol Championships 2024 sudah lolos ke Olimpiade 2024 via turnamen kualifikasi lainnya.

Baca Selengkapnya: Atlet Menembak Fathur Gustafian Amankan Tiket Olimpiade 2024 Ke-6 untuk Indonesia

7. Rio Waida (Selancar)

Atlet selancar andalan Indonesia, Rio Waida

Rio Waida sukses mengamankan tiket Olimpiade 2024 berkat penampilannya di ISA World Surfing Games 2024 yang digelar 23 Februari–3 Maret 2024.

Kejuaraan yang berlangsung di La Marginal, Arecibo, Puerto Riko itu menyediakan enam tiket ke Olimpiade 2024 dan salah satunya berhasil didapatkan oleh Rio Waida.

Rio Waida sendiri berhak mendapat tiket Olimpiade 2024 berkat torehan poin 10,93 yang dicetak pada babak repechage 10.

Catatan surfer Bali tersebut sejatinya masih kalah tinggi dibanding sejumlah kontestan lain, terutama yang berhasil melaju ke final ISA World Surfing Games 2024.

Akan tetapi, Rio Waida berhak mendapat tiket Olimpiade 2024 karena ada sejumlah atlet dengan nilai lebih tinggi sudah lebih dulu lolos via jalur kualifikasi sebelumnya.

Baca Selengkapnya: Peselancar Rio Waida Jadi Atlet Ketujuh Indonesia yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024

8. Lalu Muhammad Zohri (Atletik)

Lalu Muhammad Zohri dan Odekta Elvina Naibaho

Lalu Muhammad Zohri menambah daftar atlet Indonesia yang bakal tampil di Olimpiade 2024. Ini setelah NOC Indonesia mengumumkan cabor atletik mendapat dua jatah wildcard.

Sprinter asal Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut nanti mewakili Indonesia pada nomor lari 100 meter putra. Paris 2024 akan menjadi penampilan kedua Zohri dalam multievent olahraga terbesar.

Sebelumnya, ia pernah tampil pada Olimpiade edisi sebelumnya, Tokyo 2020. Kala itu, atlet 23 tahun ini terhenti di babak penyisihan setelah hanya finis di urutan kelima dengan catatan waktu 10,26 detik. 

Zohri gagal lolos ke fase selanjutnya karena torehan waktunya kalah dari Gift Leotlela (Afrika Selatan), Su Bingtian (Cina), Jason Rogers (Saint Kitts dan Nevis), serta Yuki Koike (Jepang). 

Namun, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) mengatakan atlet-atlet mereka, termasuk Zohri, masih akan berjuang mengamankan tiket Olimpiade 2024 melalui kualifikasi di Jepang (Mei) dan Taiwan (Juni).

9. Odekta Elvina Naibaho (Atletik)

NOC Indonesia menyebut satu jatah wildcard lainnya diberikan kepada Odekta Elvina Naibaho. Nantinya di Olimpiade 2024, atlet 32 tahun kelahiran Soban, Sumatera Utara ini akan turun di nomor maraton putri.

Bagi Odekta, Paris 2024 bakal menandai penampilan debutnya dalam Olimpade. Meski demikian, soal prestasi ia punya rekam jejak yang mentereng pada nomor maraton. 

Odekta merupakan peraih dua medali emas SEA Games, yang direngkuhnya di Vietnam 2021 dan Kamboja 2023. Tahun lalu di Phnom Penh ia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 jam 48 menit 14 detik.

Seperti Zohri, PASI mengungkapkan Odekta juga tetap berusaha terlebih dulu untuk mengamankan tiket Olimpiade via kualifikasi. Masih ada satu turnamen yang akan diikutinya yakni Daego Marathon 2024, di Korea Selatan, 7 April mendatang.

Baca Selengkapnya: Dapat Wildcard, Lalu Muhammad Zohri dan Odekta Naibaho Lolos ke Olimpiade Paris 2024              

10. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)

Eko Yuli Irawan Lolos Olimpiade 2024

Eko Yuli Irawan sukses mengamankan tiket Olimpiade 2024 usai menuntaskan aksinya di IWF World Cup 2024 yang digelar di Phuket, Thailand pada Selasa (2/4/2024).

Tampil di kelas 61 kg, Eko Yuli Irawan gagal tampil maksimal lantaran hanya meraih medali perak di angkatan snatch dan tak membukukan angka di angkatan clean and jerk.

Akan tetapi, lifter asal Lampung itu berhasil mengamankan tiket ke Paris 2024 lantaran masih berada di zona 10 besar dalam ranking kualifikasi Olimpiade.

Sebelum IWF World Cup 2024 digelar, Eko Yuli Irawan merupakan lifter terbaik ketiga dalam ranking kualifikasi Olimpiade untuk kelas 61 kg putra.

Ia menduduki posisi tersebut berkat total angkatan 300 kg yang dibukukan saat tampil dalam Kejuaraaan Dunia 2022 di Bogota, Kolombia.

Torehan itu ternyata masih cukup untuk membawa Eko Yuli Irawan ke Olimpiade 2024 meski sejumlah lifter di IWF World Cup 2024 mampu melewati torehan terbaiknya.

Baca Selengkapnya: IWF World Cup 2024: Eko Yuli Irawan Sabet 1 Perak dan Amankan Tiket Olimpiade 2024

11. Rizki Juniansyah (Angkat Besi)

Lifter Indonesia Rizki Juniansyah

Rizki Juniansyah berhasil mengamankan tiket Olimpiade 2024 menyusul hasil positif dari ajang IWF World Cup 2024 yang berlangsung di Phuket, Thailand.

Tampil di Grup A kelas 73 kg yang dihelat Kamis (4/4/2024), Rizki Juniansyah sukses menyabet satu medali perak dan dua medali emas.

Medali perak didapatkan Rizki Juniansyah untuk angkatan snatch usai sukses mengangkat beban seberat 164 kg.

Sedangkan dua keping emas didapat dari angkatan clean and jerk (201 kg) dan total (365 kg).

Angkatan total seberat 365 kg itulah yang membawa Rizki Juniansyah ke Olimpiade 2024 karena jadi lifter terbaik dalam ranking kualifikasi Olimpiade untuk kelas 73 kg putra.

Baca Selengkapnya: IWF World Cup 2024: Rizki Juniansyah Lolos ke Olimpiade Paris, Pecahkan Rekor Dunia

12. Nurul Akmal (Angkat Besi)

Lifter putri Indonesia Nurul Akmal

Nurul Akmal bisa dibilang ketiban "durian runtuh" sehingga bisa jadi salah satu kontestan cabor angkat besi kelas +81 kg putri di Olimpiade 2024 nanti.

Lifter asal Aceh itu sejatinya gagal masuk dalam daftar 10 besar ranking kualifikasi Olimpiade yang jadi salah satu patokan dalam pemberian tiket ke Paris 2024.

Namun, nasib Nurul Akmal berubah usai Solfrid Eila Amena Koanda (Norwegia) yang ada di posisi keenam memutuskan ikut di kelas 81 kg putri pada Olimpiade 2024 nanti.

Keputusan Solfrid Eila Amena Koanda itu pun membuat Crismery Dominga Santana Peguero yang ada di peringkat 11 ranking kualifikasi Olimpiade naik ke-10 besar.

Sementara itu, Nurul Akmal yang ada di peringkat ke-12 tercatat lolos ke Olimpiade 2024 usai mengisi kuota realokasi kontinental.

Baca Selengkapnya: Kantongi Tiket Olimpiade, Nurul Akmal Wakil Ketiga Angkat Besi Indonesia di Paris 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat