sveosportu.com

Daftar Tim yang Lolos Babak 8 Besar Liga 3 Nasional

Liga 3 Nasional atau putaran nasional Liga 3. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

- Babak 16 besar Liga 3 Nasional 2023-2024 telah tuntas. Itu ditandai dengan berakhirnya delapan pertandingan matchday 3 yang digelar, Sabtu (25/5/2024).

Dari tiga matchday yang telah berlangsung, delapan tim pun dipastikan lolos babak 8 besar Liga 3 Nasional 2023-2024. Mereka yang berhasil lolos adalah Persikas Subang, Persibo Bojonegoro (Grup A), Persiku Kudus, Persekabpas Pasuruan (Grup B), Dejan FC, Tornado FC Pekanbaru (Grup C), Persikota Tangerang, Adhyaksa Farmel FC (Grup D).

Menariknya, tiga dari delapan tim itu saat ini dikelola oleh satu orang anggota Exco PSSI yaitu Eko Setyawan. Eko saat ini tercatat sebagai CEO dari Persikota Tangerang, Persibo Bojonegoro, dan Adhyaksa Farmel FC.

Kendati secara kepemilikan, dia mengklaim bahwa hanya memiliki secara legal Adhyaksa Farmel FC. Sehingga asumsinya, untuk Persibo dan Persikota hanya membantu mengelola saja.

Meski begitu, ini bisa saja memunculkan dugaan bakal adanya conflict of interest ketika di antara ketiga tim itu bertemu dalam sebuah pertandingan. Dan itu terjadi hari ini, saat Persikota Tangerang menghadapi Adhyaksa Farmel FC pada laga terakhir mereka di Grup D.

Kedua tim hanya perlu hasil imbang untuk memastikan lolos ke babak 8 besar. Mereka masih harus bersaing dengan Persiba Bantul.

Nah, hasilnya, Persikota vs Adhyaksa Farmel berakhir imbang tanpa gol. Sedangkan di saat bersamaan, Persiba Bantul yang menang 3-1 atas 757 Kepri Jaya FC, harus mengubur impian mereka untuk melaju ke babak selanjutnya.

Tak ayal, hasil imbang tanpa gol Persikota vs Adhyaksa Farmel memunculkan dugaan adanya main mata di antara kedua tim untuk menyelesaikan laga dengan hasil tersebut.

Persikas Subang berhasil finis sebagai juara Grup A setelah pada laga terakhir mereka bermain imbang 2-2 menghadapi Waanal Brothers FC. Mereka pun berhasil mengoleksi tujuh poin dari tiga laga yang telah dijalani.

Sedangkan Persibo Bojonegoro pada laga pemungkas membungkam PSM Madiun tiga gol tanpa balas, yang membuat mereka mendapatkan enam poin dari tiga pertandingan.

Persiku Kudus pun menjadi juara Grup B, meski kalah dari NZR Sumbersari, 0-1, pada laga terakhir mereka. Jumlah poin mereka sebenarnya sama dengan Persekabpas Pasuruan yang berada di posisi kedua. Namun, Persiku unggul secara head to head maupun selisih gol atas Persekabpas.

Persekabpas pada laga terakhir mereka, hari ini, berhasil menaklukkan PSGC Ciamis dengan skor tipis 3-2.

Sedangkan dari Grup C yang berhasil menjadi juara grup adalah Dejan FC Depok, usai pada laga terakhir menang atas Tornado FC Pekanbaru dengan skor tipis 1-0. Kekalahan ini membuat Tornado FC finis di posisi kedua Grup C.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat