sveosportu.com

Odekta Masih Upayakan Tiket Olimpiade Lewat Kualifikasi

Odekta Elvina Naibaho

– Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho masih berupaya memperjuangkan tiket lolos ke Olimpiade Paris 2024 melalui kualifikasi meski dapat jatah wildcard.

Atlet lari spesialis nomor maraton itu akan turun di Kejuaraan Daegu Marathon 2024 yang berlangsung di Korea Selatan pada 7 April untuk mengamankan poin ke Paris.

“Betul, kami bersama Odekta Naibaho sedang dalam perjalanan menuju Korea Selatan untuk mengikuti Daegu Marathon 2024,” kata Manajer Tim Nasional Atletik Indonesia Mustara Musa mengutip dari Antara.

Selama berjuang di Korea Selatan, Odekta akan dikawal oleh Mustara Musa bersama pelatih lari jarak jauh Wita Witarsa.

Lebih lanjut, Mustara mengatakan Odekta tak dibebani target juara dalam Daegu Marathon 2024. 

Namun, Odekta diharapkan tetap bisa menyuguhkan penampilan maksimal untuk mengamankan tiket lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Sesuai perhitungan, Odekta harus mengejar limit waktu 2:26:50 sebagai syarat lolos ke multievent olahraga musim panas empat tahunan tersebut.

“Intinya kami berharap Odekta bisa berikan penampilan semaksimal mungkin,” tutur Mustara.

Sebelumnya, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mengumumkan bahwa Odekta Elvina Naibaho bersama Lalu Muhammad Zohri dipastikan tampil di Paris melalui jalur wildcard.

Odekta akan mewakili Indonesia di cabang olahraga atletik nomor maraton putri. Sedangkan, Zohri akan turun di nomor sprint 100 meter putra.

Namun, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengatakan kedua atlet tersebut sejatinya masih fokus berjuang mengamankan tiket ke Paris melalui babak kualifikasi.

PB PASI tidak ingin Odekta dan Zohri mengandalkan pemberian wildcard untuk berkompetisi dalam Olimpiade Paris 2024.

“Saat ini, Odekta maupun Zohri masih fokus berjuang untuk mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024 melalui kualifikasi. Wildcard diberikan untuk negara yang atletnya tidak lolos kualifikasi,” ujar Sekretaris Umum PB PASI Tigor Tanjung.

Sementara itu, Lalu Muhammad Zohri bersama tim pelatih saat ini masih mengikuti sejumlah pelatihan di Phoenix, Amerika Serikat sejak akhir Maret lalu.

Seusai mengikuti pelatihan, Zohri dijadwalkan menuju Jepang dan Taiwan untuk mengikuti beberapa kejuaraan demi memperebutkan tiket ke Olimpiade Paris 2024 hingga Juni nanti.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat