sveosportu.com

Dominic Thiem Putuskan Gantung Raket pada Akhir 2024

Petenis Austria, Dominic Thiem

Dominic Thiem memutuskan akan pensiun sebagai petenis profesional pada akhir tahun ini.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram-nya, Dominic Thiem mengungkapkan alasan di balik keputusan penting yang diambil untuk kelanjutan kariernya.

Petenis 30 tahun itu merasa pergelangan tangannya sulit untuk kembali ke kondisi prima seperti sebelum diterpa cedera berkepanjangan.

“Saya ingin menyampaikan pesan sangat penting, sangat menyedihkan, tetapi juga sangat indah,” tunggal putra juara US Open 2020 itu membuka pernyataannya. 

“Musim 2024 akan menjadi musim terakhir saya. Saya akan mengakhiri karier saya pada akhir musim ini. Ada beberapa alasan di balik keputusan itu.”

“Pertama, tentu saja pergelangan tangan saya dalam kondisi tidak seperti yang seharusnya dan tidak persis seperti yang saya inginkan,” ia melanjutkan.

“Alasan kedua adalah perasaan batin saya. Saya telah memikirkan keputusan ini sejak lama. Saya sedang memikirkannya dengan sangat hati-hati.”

Mantan tunggal putra nomor tiga dunia itu merasa kesulitan kembali ke performa terbaiknya setelah mengalami cedera pergelangan tangan pada pertengahan 2021.

Bahkan, cedera itu sempat membuatnya absen selama berbulan-bulan dari kompetisi tenis profesional hingga peringkatnya turun drastis.

Pada Januari lalu, Thiem sempat mengatakan bahwa kompetisi musim 2024 adalah upaya terakhirnya untuk mencoba kembali ke performa terbaik dan bersaing di level elite.

Sayang, performa petenis Austria itu tak kunjung membaik. Ia selalu tersingkir dini dalam delapan turnamen yang sudah diikutinya sepanjang tahun ini.

Terakhir, Dominic Thiem gagal menembus babak utama babak Utama Madrid Open 2024 usai dikalahkan Thanasi Kokkinakis (Australia) di fase kualifikasi kedua.

Meski sedih, Dominic Thiem mengaku legawa mengambil keputusan pensiun setelah jadi petenis profesional sejak 2011.

Apalagi dirinya sudah sempat mencicipi persangain tenis di level elite dan meraih sejumlah prestasi yang sebelumnya tak pernah diimpikan olehnya.

“Saya meraih kesuksesan dan trofi yang tidak pernah saya impikan. Itu adalah perjalanan yang luar biasa,” Dominic Thiem menuturkan. 

“Pada akhirnya saya sampai pada kesimpulan bahwa keputusan untuk mengakhiri karir saya di akhir musim ini adalah satu-satunya keputusan yang tepat.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat