sveosportu.com

Dua Alasan Pelatih Persib Rekrut Mateo Kocijan

mateo kocijan - persib

- Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, mengungkapkan alasannya merekrut bek asal Kroasia, Mateo Kocijan

Seperti diketahui, Mateo Kocijan adalah pemain asing anyar pertama yang diumumkan Persib untuk mengarungi Liga 1 2024-2025. Mateo Kocijan dikontrak dengan durasi satu tahun.

“Dia adalah gelandang bertahan. Dia juga bisa bermain sebagai stopper. Jadi, jika misalnya ada bek yang cedera, dia bisa bermain di posisi tersebut,” kata Bojan Hodak, dikutip laman resmi klub.

Selain itu, minimnya stok pemain gelandang bertahan yang dimiliki Persib juga menjadi alasan lainnya dalam perekrutan Kocijan.

“Dedi (Kusnandar) tidak punya pelapis. Hanya Dedi gelandang bertahan yang saat ini kami miliki dalam tim. jadi kami harus memiliki satu pemain lain di posisi tersebut,” jelas pelatih asal Kroasia itu.

Sebelum bergabung dengan Persib, terakhir Kocijan memperkuat klub Albania, FK Partizani. Bersama klub tersebut, dia bermain dalam delapan pertandingan di Superliga Albania 2023-2024.

Bek berusia 29 tahun ini juga pernah memperkuat klub Kroasia seperti Slaven Belupo Koprivnica dan NK Borac Imbriovec.

Hadirnya, Kocijan juga setelah Persib melepas salah satu bek asing andalan mereka yaitu Alberto Rodriguez. 

Dengan demikian, Kocijan bisa menjadi tandem baru bagi Nick Kuipers di lini pertahanan sebagai bek tengah.

Persib memang membutuhkan tambahan pemain untuk musim depan. Mengingat, mereka tidak hanya berkiprah di Liga 1 2024-2025. Tapi juga akan bermain di AFC Champions League 2 (ACL 2).

Sebagai wakil Indonesia, Persib pun diharapkan bisa berprestasi di ACL 2. Itu supaya peringkat kompetisi Indonesia naik di AFC, sehingga berdampak bagi jatah klub Indonesia di kompetisi antarklub Asia.

Persib mendapatkan jatah bermain di ACL 2 setelah menjadi juara Liga 1 2023-2024. Pada laga final, mereka menaklukkan Madura United dalam dua leg, skor agregat 6-1.

Sementara itu, Bojan Hodak sudah memimpin latihan Persib di Stadion Persib, Minggu (7/7/2024) pagi WIB. Sebelumnya, dalam empat kali latihan Persib masih dipimpin asisten pelatih Persib, Yaya Sunarya dan Miro Pertic. Itu lantaran Hodak masih harus menyelesaikan berbagai hal sebelum kembali ke Indonesia.

Namun begitu, skuad Persib yang hadir dalam latihan hari ini masih belum komplet.

“Kami masih belum full team, Marc (Klok) akan datang besok. Ciro (Alves), Mateo (Kocijan) dan David (Da Silva) akan tiba dalam tiga empat hari dan setelah itu kami kurang lebih sudah dalam kondisi full team,” jelas eks pelatih Timnas U-19 Malaysia itu.

“Mungkin hanya Dedi yang masih terlambat karena saya memberi izin kepadanya untuk pergi ke Mekkah,”tambahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat