sveosportu.com

Eephus, Film Bisbol dengan Cerita Sangat Berbeda

Eephus memiliki cerita yang berbeda dengan film bisbol lainnya. (M. Yusuf/Skor.id)

– Dalam subgenre film olahraga, ada banyak sekali film bisbol yang dibuat selama beberapa dekade, utamanya oleh sineas Hollywood. Hal itu bisa dimaklumi karena bisbol adalah olahraga favorit di Amerika Serikat. 

Mereka yang tidak menyukai bisbol mungkin mengeluh bahwa permainan berjalan sangat lambat dan sebagian besar terdiri dari para pemain yang berdiri di sana-sini, tidak melakukan apa pun. 

Sebagai sutradara dan pembuat film, Carson Lund memahami bagaimana kritik semacam itu sama sekali tidak tepat sasaran. Di situasi yang tampaknya tidak terjadi apa-apa, bagi mereka yang terpikat dengan olahraga, justru di situlah rahasia keindahannya.

Eephus mengisahkan tentang pertandingan terakhir yang dimainkan oleh dua tim rekreasi-liga khusus orang tua yang luar biasa, sebelum lapangan bola kesayangan mereka dirobohkan. 

Hasilnya adalah film hangout yang sederhana namun menyentuh yang bergema lama setelah lemparan terakhir.

Eephus tayang perdana di Directors’ Fortnight, yang juga merupakan landasan peluncuran film lain yang diawasi oleh kolektif artistik Los Angeles Omnes Films, Christmas Eve In Miller’s Point.

Directors’ Fortnight merupakan festival film yang independen dan diadakan bersamaan dengan Festival Film Cannes, menampilkan program film pendek dan film layar lebar serta dokumenter di seluruh dunia. Tahun ini, Directors’ Fortnight digelar 15-25 Mei 2024 lalu.

Film Eephus, yang menampilkan pemain dan kru yang semuanya laki-laki, tidak memiliki nama besar. Meskipun, penonton mungkin akan terhibur mengetahui bila pembuat dokumenter legendaris Frederick Wiseman memberikan cameo vokal singkat sebagai wartawan radio.

Pun begitu, penggemar bisbol mungkin tertarik pada film ini karena Lund menghindari klise drama olahraga. Ia lebih mengarahkan pada hal pemenang dan pecundang tidak terlalu penting dibandingkan dengan waktu berharga yang bisa dihabiskan untuk bermain bersama teman-teman lama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat