sveosportu.com

Eks Pelatih PS Siak Kembali Tangani Timnas Timor Leste

Sepak Bola ASEAN

- Timnas Timor Leste mengumumkan pelatih anyar untuk memimpin skuad senior dan U-23.

Dia bukan wajah asing, bahkan sudah pernah menangani tim berjuluk The Crocodiles itu di masa lalu.

Sosok tersebut adalah Simon Elissetche, dulu melatih Timnas Timor Leste pada 2017 hingga 2018. Kini, dia kembali.

Simon Elissetche akan menggantikan posisi Park Soon-tae, yang kontraknya disudahi Federasi Sepak Bola Timor Leste (FFTL) pada Maret lalu.

Penggemar sepak bola tanah air mungkin juga familiar dengan nama ini. Faktanya, Simon Elissetche memulai karier kepelatihan di Indonesia.

Ya, dia pertama kali mengecap pengalaman sebagai pelatih kepala bersama PSSB Bireun pada 2012, sebelum direkrut Persita Tangerang, tahun berikutnya.

Petualangannya singkat bersama Pendekar Cisadane, tapi mampu menyelamatkan tim dari ancaman degradasi Liga Super Indonesia 2013.

Terakhir, Simon Elissetche menukangi PS Siak, membawa mereka juara Liga 3 Riau 2021 dan melaju cukup jauh di putaran nasional.

Dia meninggalkan PS Siak pada Maret 2022, menganggur dua tahun, dan kini kembali melanjutkan karier bersama Timnas Timor Leste.

Ikatan Simon Elissetche dengan sepak bola Timor Leste juga tak kalah kuat. Pria kelahiran Santiago, Cile, itu pernah membesut klub lokal macam Assalam FC, Karketu Dili FC, hingga Lalenok United.

Prestasi terbaiknya adalah membawa Karketu Dili FC merengkuh gelar dobel, Liga Futebol Amadora dan LFA Super Taca, pada 2017.

Kesuksesan itu yang membuat FFTL dulu memboyong Simon sebagai pelatih Timnas Timor Leste untuk kali pertama.

Untuk kerja sama terkini, Simon Elissetche akan dikontrak hingga Desember 2024. Dia diharapkan bisa mengangkat performa The Crocodiles dan memperbaiki posisi di ranking FIFA.

Mereka saat ini bercokol di tangga ke-198, diharapkan bisa naik beberapa tingkat.

Selain itu, sang pelatih juga diharapkan mampu membawa Timnas Timor Leste melewati babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2027 kontra Mongolia, September mendatang.

Akan ada dua pertandingan, yakni 5 dan 10 September 2024, dan pemenangnya bisa melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2027.

Simon Elissetche diminta memaksimalkan semua talenta yang tersedia bagi Timnas Timor Leste, termasuk yang bermain di luar negeri.

Maklum, salah satu faktor yang membuat FFTL mengakhiri kerja sama dengan Park Soon-tae adalah keengganan pelatih asal Korea Selatan itu memakai pemain-pemain terbaik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat