sveosportu.com

Eks Barcelona Dipanggil Guinea U-23 untuk Hadapi Indonesia

Timnas U-23 Guinea (Guinea U-23). (Jovi Arnanda/Skor.id)

- Timnas U-23 Guinea sudah mulai bersiap untuk menghadapi Timnas U-23 Indonesia pada babak play-off yang akan digelar di Clairefontaine, Prancis, 9 Mei 2024.

Ada 19 pemain yang dipanggil pelatih Guinea U-23, Kaba Diawara, untuk laga tersebut. Para pemain yang dipanggil pun telah tiba di Paris, Senin (6/5/2024).

Salah satu pemain yang paling menyita perhatian dari daftar tersebut adalah Ilaix Moriba. Pemain berusia 21 tahun itu merupakan jebolan akademi Barcelona, La Masia.

Bergabung sejak 2010, akhirnya Ilaix Moriba mendapatkan promosi ke tim utama Barcelona pada 2020. Selama memperkuat Barcelona, dia bermain 18 kali dengan torehan satu gol dan tiga assist di La Liga hingga Liga Champions 2020-2021.

Namun, Barcelona akhirnya melepas pemain yang berposisi gelandang itu ke RB Leipzig pada musim panas 2021 dengan harga 16 juta euro (sekitar Rp275 miliar).

Kini, dia dipinjamkan RB Leipzig ke klub Spanyol, Getafe sejak Januari 2024. Itu supaya Moriba lebih banyak mendapatkan kesempatan bermain. Bersama Getafe, dia sudah dimainkan dalam 11 pertandingan terakhir La Liga 2023-2024.

Tercatat, Ilaix Moriba mencatatkan dua assist dan tiga kartu kuning dengan 533 menit bermain.

Moriba juga telah mencatatkan tampil di Timnas Guinea. Tercatat, dia sudah bermain dalam 22 pertandingan dengan torehan satu gol.

Selain itu, ada tiga pemain lain yang juga memiliki caps Timnas senior dipanggil Guinea U-23. Mereka adalah Saidou Sow, Facinet Conte, dan Ibrahim Diakite.

Namun, salah satu gelandang andalan mereka yaitu Aguibou Camara dikabarkan tidak bisa bermain lantaran sedang sakit. Padahal, dia juga masuk daftar panggil dan terpantau telah hadir di pemusatan latihan tim di Prancis.

Menariknya, hanya lima pemain dari kompetisi lokal Guinea yang dipanggil untuk laga ini. Mereka adalah Mory Keita, Bangaly Cisse, Cherif Camara, Mohamed Lamine Soumah, dan Alseny Soumah.

Seperti diketahui, laga play-off melawan Indonesia U-23 adalah untuk memperebutkan satu jatah tersisa cabang olahraga sepak bola putra ke Olimpiade 2024.

Berikut daftar pemain Guinea U-23 untuk menghadapi Timnas U-23 Indonesia:

Kiper: Mory Keita (Sangaredi), Soumaila Sylla (Reims)

Bek: Mohamed Soumah (KAA Gent), Madio Keita (Auxerre), Bangaly Cisse (Kaloum), Cherif Camara (Hafia), Saidou Sow (Strasbourg), Ibrahim Diakite (Stade Laussane)

Tengah: Fode Camara (Sfaxien), Agouibou Camara (Atromitos), Mohamed Lamine Soumah (Kaloum), Alseny Soumah (Horoya), Ilaix Moriba (Getafe), Issiaga Camara (Nice)

Depan: Ousmane Camara (Annecy), Algassime Bah (Olympiakos), Momo Toure (Van), Facinet Conte (Bastia), Amadou Diallo (Rennes)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat