sveosportu.com

Enzo Maresca Pelatih Chelsea Selanjutnya

Enzo Maresca akan menangani Chelsea. (Jovi Arnanda/Skor.id).

- Hanya selangkah lagi Chelsea akan resmi memiliki pelatih baru: Enzo Maresca. Pelatih asal Italia ini dikabarkan akan menandatangani kontrak dengan The Blues dalam waktu dekat.

Chelsea dikabarkan akan mengontrak Enzo Maresca hingga 2029 dengan opsi perpanjangan hingga tahun 2030.

Dengan demikian, kontrak Enzo Maresca berlaku hingga enam tahun, sebuah periode yang terbilang panjang tentunya dalam kontrak seorang pelatih.

Dalam tugasnya nanti, Enzo Maresca akan membawa lima asistennya yang selama ini mendampinginya di Leicester City, di antaranya adalah Willy Caballero, yang tiada lain pernah menjadi penjaga gawang Chelsea.

Kehadiran Enzo Maresca menjadi keputusan manajemen The Blues setelah klub asal London ini memutus kontrak Mauricio Pochettino.

Kehadiran Mauricio Pochettino pada 1 Juli 2023 lalu awalnya diharapkan bisa mengangkat kembali pencapaian The Blues di Liga Inggris yang terakhir kali meraih trofi ajang domestik ini pada 2016-2017 serta Liga Champions pada 2020-2021.

Namun, setelah sukses tersebut, Chelsea tidak mampu lagi meraih gelar.

Bahkan, Mauricio Pochettino hanya bisa membawa Chelsea ke posisi keenam, yang membuat mereka hanya akan tampil di ajang UEFA Conference League 2024-2025 nanti.

Tentu saja, hasil tersebut jauh dari harapan tim milik Todd Boehly ini. The Blues pun akhirnya "memecat" Mauricio Pochettino.

Chelsea sempat dikabarkan menginginkan Hansi Flick, namun tawaran mereka ditolak oleh pelatih asal Jerman tersebut yang sudah memilih untuk melatih Barcelona.

Kini, Chelsea berharap kepada Enzo Maresca. Pelatih berusia 44 tahun ini memiliki cukup pengalaman di level klub. Setelah menangani klub seperti Parma, Enzo Maresca sempat menjadi asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City pada 2022 lalu.

Musim ini, Enzo Maresca berada di balik sukses Leicester City promosi ke Liga Inggris. Leicester City yang ditangani Enzo Maresca, berhasil menjadi pemuncak Divisi Championship, kasta kedua Liga Inggris, dan berhak mendapatkan tiket promosi langsung ke Premier League.

Ketika menjalani musim pertama di Championship, Leicester City asuhan Enzo Maresca tampil mengesankan dengan memenangkan 12 dari 13 pertandingan yang mereka jalani.

Performa gemilang ini membuat anak asuh Enzo Maresca tersebut, menjadi tim ketiga di kasta kedua Liga Inggris yang mampu melakukan pencapaian tersebut.

Enzo Maresca membuat penampilan Leicester City menuai pujian, bahkan Burnley yang menjadi juara di musim sebelumnya, hanya mengoleksi 22 poin dari 13 pertandingan perdana.

Enzo Maresca berhasil membawa Leicester City promosi ke Premier League. Fans Leicester City kini akan kehilangan pelatih yang berjasa membawa klub kebanggaan mereka ke Liga Inggris.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat