sveosportu.com

Erick Thohir: Selebrasi Australia Berlebihan, Kita Balas!

Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Foto: Yogie Gandanaya/Grafis: Yusuf/ Skor.id)

- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi perjuangan Timnas U-16 Indonesia di ASEAN U-16 Championship 2024.

Seperti diketahui, pasukan Nova Arianto gagal mempertahankan gelar juara usai takluk dari Australia U-16 di semifinal.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) malam itu, Garuda Muda menyerah dengan skor 3-5 setelah kehilangan satu pemain sejak pertengahan babak pertama.

Inilah mengapa Erick Thohir sama sekali tak kecewa walaupun Timnas U-16 Indonesia gagal melaju lebih jauh.

"Saya rasa pemain kita bermain baik. Kenapa? Kita 10 pemain dari babak pertama, menit ke-28, tapi kita bisa cetak gol dua kali. Di situ ada fighting spirit," ujar Erick Thohir usai menyaksikan pertandingan secara langsung.

"Kalau dibilang kita kalah sama mereka, tidak juga. Lalu, kenapa Australia selebrasi berlebihan? Karena tim U-23 mereka kalah sama kita (di Piala Asia U-23), jadi malu," tambahnya.

Erick Thohir menegaskan bahwa kekalahan ini bukan akhir dari segalanya. Masih ada kesempatan untuk balas dendam.

Ya, Timnas U-16 Indonesia akan kembali bertemu Australia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Oktober mendatang.

"Tadi saya bilang sama pemain, tidak ada yang nundukkin kepala, tidak ada yang nangis. Nanti, Oktober, kita ketemu Australia lagi, kita sikat mereka. Kita siapkan. Kita bangsa besar, tak perlu takut sama mereka," katanya.

"Kita tidak kalah, cuma hari ini bola itu bundar. Kebetulan kita kena kartu merah, ya namanya juga sepak bola. Tapi, tadi dong, dengan 10 pemain bisa cetak gol lagi. Tim ini adalah masa depan tim nasional kita, kita bangun," tambahnya.

Lebih lanjut, mantan bos Inter Milan ini juga berharap Timnas Indonesia senior ikut membalaskan kekalahan junior mereka ketika Australia berkunjung lagi, September mendatang.

Kala itu, giliran tim asuhan Shin Tae-yong yang akan meladeni Socceroos di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Erick Thohir ingin Marselino Ferdinan dan kawan-kawan balik mempermalukan Australia, setelah melakukan selebrasi berlebihan saat mencetak gol versus Garuda Muda.

"Dan, pasti saya akan bilang kepada tim senior, kita harus fight. Kita kasih lihat, kita bukan bangsa yang bisa mereka remehkan lewat selebrasi, kita lawan mereka," ujar sosok yang juga menjabat Menteri BUMN RI tersebut

"Saya akan panggil para pemain senior dan bilang, 'hei, junior kalian dilecehkan.' Kita akan coba berikan yang terbaik," tegasnya.

Adapun perjuangan Timnas U-16 Indonesia di ASEAN U-16 Championship 2024 belum selesai. 

Mereka masih memperebutkan tempat ketiga kontra Vietnam U-16 pada Rabu (3/7/2024) mendatang di Stadion Manahan.

Sedangkan Australia U-16 sudah ditunggu Thailand U-16 di partai puncak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat