sveosportu.com

Euro 2024: 6 Pertanyaan Besar Jelang Kick-Off 14 Juni 2024

Sebagai satu-satunya debutan di Euro 2024, aksi Georgia layak untuk dinantikan (Yusuf/Skor.id).

– Kegembiraan makin meningkat seiring makin dekatnya Euro 2024, dengan kick-off yang mempertemukan tuan rumah Jerman melawan Skotlandia di Munchen, Jerman, Jumat (14/6/2024) atau Sabtu (15/6/2024) dini hari WIB.

Untuk itu, , dikutip dari UEFA.com, telah merangkum enam pertanyaan paling menarik yang akan dijawab selama turnamen yang berlangsung sebulan penuh ini.

Simak daftar pertanyaan menarik tersebut di bawah ini:

1. Siapa yang Akan Memenangkan Euro 2024?

Sebanyak 11 negara telah mengikuti Piala Henri Delaunay yang diperebutkan dalam ajang Piala Eropa.

Jerman dan Spanyol yang paling sukses karena masing-masing memenangkan turnamen tersebut tiga kali. 

Edisi terbaru yang menghasilkan pemenang pertama kali adalah Euro 2016, ketika Portugal menang atas Prancis dalam laga final.

Pada kesempatan kali ini, akan ada banyak tim yang memimpikan gelar perdananya. 

Inggris nyaris meraih kemenangan pada Euro 2020 sebelum dikalahkan Italia pada babak penentuan, dan mereka adalah salah satu favorit untuk melaju jauh di Jerman. 

Tim seperti Belgia, Kroasia, dan Turki juga masuk dalam daftar kuda hitam, dan ada 11 tim lain yang belum pernah juara sebelumnya. Mungkinkah ini menjadi tahun bersejarah bagi salah satu dari mereka?

2. Bisakah Cristiano Ronaldo Membuat Terobosan Baru?

Rekor dan prestasi bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, hampir tidak ada habisnya.

Termasuk jadi pemain yang paling banyak tampil di Piala Eropa (25) dan mencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Eropa (14).

Pemain 39 tahun ini mempunyai peluang untuk memperpanjang rekor tersebut di Jerman, serta mencetak rekor-rekor baru.

Dia bisa, misalnya, akan menggantikan pemain Austria, Ivica Vastic, sebagai pencetak gol tertua sepanjang sejarah Piala Eropa jika berhasil mencetak gol untuk Portugal. 

Tidak diragukan lagi pemain Al Nassr ini juga akan menyukai peluangnya untuk finis sebagai pencetak gol terbanyak ketiga kalinya. 

Ronaldo adalah salah satu pencetak gol terbanyak di Euro 2020 dengan lima gol, dan juga berbagi kehormatan dengan tiga gol pada Euro 2012. Seperti biasa, Ronaldo layak untuk diwaspadai.

3. Bagaimana Penampilan Debutan Georgia?

Ada adegan perayaan di Tbilisi dan sekitarnya ketika Georgia berhasil lolos ke turnamen besar pertama, Euro 2024, usai mengalahkan Yunani dalam adu penalti pada final play-off kualifikasi, Maret lalu. 

Georgia adalah satu-satunya tim yang akan melakukan debut Euro di Jerman dan pastinya akan menikmati tiap momennya.

Georgia akan mengambil tempat di Grup F yang tampak rumit tetapi tentu saja tidak akan puas dengan sekadar menghitung poin. 

“Kami adalah wildcard, lolos ke turnamen ini tanpa disadari,” kata pelatih Georgia, Willy Sagnol.

“Yang pasti adalah apakah melawan Portugal, Ceko, atau Turki, kami tidak akan pernah menyerah dan kami akan memberikan semua yang kami miliki,” ia menambahkan. 

4. Siapa yang Akan Menjadi Bintang Terobosan?

Piala Eropa menawarkan kesempatan sempurna bagi pemain yang akan datang untuk benar-benar mengukir namanya. 

Dalam Euro 2020 lalu, gelandang Spanyol dan Barcelona, Pedri, dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik.

Sementara pemain Portugal, Renato Sanches, menerima penghargaan tersebut pada Euro edisi tahun 2016.

Ada banyak talenta remaja menarik yang diperkirakan bersinar dalam Euro 2024 di Jerman.

Mulai dari gelandang Prancis, Warren Zaïre-Emery, penyerang Spanyol, Lamine Yamal, gelandang serang Turki, Arda Guler, dan banyak lagi. 

Jadi, siapa di antara mereka yang akan memanfaatkan kesempatan mereka untuk bersinar di salah satu panggung terbesar ini? Kita segera mengetahuinya.

5. Bisakah Jerman Memanfaatkan Keuntungan sebagai Tuan Rumah?

Dalam 16 edisi Euro sebelumnya, tuan rumah meraih juara tiga kali: Spanyol pada tahun 1964, Italia pada 1968, dan Prancis pada 1984. 

Sementara itu, pada tiga kesempatan lainnya, negara tuan rumah berhasil mencapai final namun kalah dari lawannya.

Mereka adalah Portugal di Euro 2004, Prancis pada 2016, dan final di Stadion Wembley saat Inggris menjamu Italia dalam pan-kontinental Euro 2020.

Jerman menjadi tuan rumah turnamen ini untuk pertama kalinya pada 1988, dengan pertandingan berlangsung di 10 kota di seluruh negeri. 

Mereka bertekad untuk menampilkan permainan bagus dan juga berharap dukungan penuh semangat dari tuan rumah dapat menginspirasi tim asuhan Julian Nagelsmann menuju kejayaan.

6. Mantan Bintang Euro Mana yang Akan Bersinar sebagai Pelatih?

Ada generasi pelatih baru dalam turnamen ini. Mereka sebelumnya menarik perhatian sebagai pemain dalam Piala Eropa pada waktu yang belum lama berlalu.

Willy Sagnol misalnya, yang tampil untuk Timnas Prancis pada Euro 2004 dan 2008, akan tampil di turnamen ketiganya, namun kali ini berada di pinggir lapangan sebagai pelatih Georgia.

Sementara itu, Vincenzo Montella, yang terlibat di Euro 2000 untuk Italia, akan bertanggung jawab atas Turki.

Sedangkan Murat Yakin akan mengawasi kampanye Swiss setelah mewakili negara tersebut sebagai pemain dalam Euro 2004.

Tentu akan sangat menarik untuk melihat siapa di antara mantan pemain tersebut yang bisa membawa tim mereka lebih jauh di Jerman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat