sveosportu.com

Alvaro Morata Masuk 5 Besar Top Scorer Spanyol

Alvaro Morata (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

– Penyerang Tim Nasional Spanyol, Alvaro Morata, menutup rekor buruknya dalam mencetak gol dalam pertandingan persahabatan terakhir sebelum Euro 2024.

Morata mencetak gol lewat sundulan terarah saat laga persahabatan melawan Irlandia Utara pada Minggu (9/6/2024) lalu.

Pertandingan tersebut berakhir dengan kemenangan telak Spanyol 5-1 atas Irlandia Utara. 

Gol Morata menyamai 35 gol David Silva, menjadi pencetak gol terbanyak keempat dalam sejarah seleksi Spanyol.

Morata juga mencetak satu gol dalam 13 pertandingan untuk klubnya, Atletico Madrid, dalam rekor buruk yang dimulai pada 9 Maret 2024. 

Sedangkan bersama Timnas Spanyol, pemain 31 tahun ini sebelumnya telah menjalani lima pertandingan berturut-turut tanpa mencetak gol.

Sejak mencetak gol ke gawang Skotlandia pada 12 Oktober 2023, Morata belum pernah mencetak gol lagi dalam pertandingan melawan Norwegia, Georgia, Kolombia, Brasil, atau Andorra.

Morata mematahkan rekor buruknya di Son Moix, mencetak gol kedua hasil comeback Timnasi Spanyol dengan sundulan bagus dari umpan silang terukur Jesus Navas dari sayap kanan.

Total 35 golnya dalam 73 caps membuatnya setara dengan David Silva. Berikutnya, rekor yang mungkin akan dipatahkan Morata adalah 38 gol Fernando Torres pada posisi ketiga.

Namun demikian, catatan gol Morata masih jauh dari 44 gol Raul dan 59 gol Villa, pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Timnas Spanyol.

Yang jelas, Alvaro Morata merupakan satu-satunya pemain yang masih aktif dalam daftar enam pencetak gol terbanyak di Timnas Spanyol saat ini. 

Melihat usianya yang sudah mencapai 31 tahun, sepertinya masih memungkinkan bagi mantan pemain Juventus itu untuk melewati gol Torres dan Raul Gonzalez.

Berikut ini adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah Tim Nasional Spanyol:

1. David Villa 59 gol

2. Raul Gonzalez 44

3. Fernando Torres 38

4. Alvaro Morata 35

5. David Silva 35

6. Fernando Hierro 29

Spanyol vs Irlandia Utara

Dalam laga persahabatan melawan Irlandia Utara, jika dilihat dari sisi skor, sepertinya Spanyol menjalani pertandingan yang mudah.

Kenyataannya tidak demikian. Spanyol sempat tertinggal 0-1 lebih dulu saat pertandingan baru berlangsung 66 detik melalui gol Daniel Ballard.

Tapi, setelah itu Spanyol bangkit untuk menyelesaikan kemenangan 5-1 atas Irlandia Utara dalam pertandingan uji coba terakhir mereka jelang Euro 2024

Dalam waktu 66 detik setelah pertandingan dimulai, Daniel Ballard mencetak gol dengan sundulan ke gawang yang membuat seisi Stadion Son Moix, Mallorca, terkejut. 

Pedri menyamakan kedudukan pada menit ke-12 dengan tendangan jarak jauh yang indah. Dilanjutkan gol Alvaro Morata membuat Spanyol memimpin 2-1 menit ke-18.

Gelandang Barcelona, Pedri, kemudian menyelesaikan serangan cepat untuk gol keduanya pada menit ke-29 sebelum Fabian Ruiz mencetak gol keempat Spanyol enam menit kemudian.

Pemain pengganti Mikel Oyarzabal menorehkan gol kelima pada menit ke-60 sehingga membuat skor menjadi 5-1 untuk Spanyol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat