sveosportu.com

Euro 2024: Dari Mana Pendapatan Datang dan Disalurkan

Euro 2024 (Piala Eropa 2024). (Jovi Arnanda/Skor.id)

– Setiap empat tahun sekali, mata dunia tertuju ke Piala Eropa (Euro), salah satu acara olahraga terbesar di dunia. Popularitasnya yang luar biasa menghasilkan pendapatan yang signifikan melalui penjualan sponsor terpusat dan hak media, tiket, keramahtamahan, dan lisensi. 

Namun, tahukah Anda bahwa Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mendistribusikan sebagian besar pendapatan bersih Euro untuk mengembangkan sepak bola Eropa – terutama melalui program UEFA HatTrick?

HatTrick adalah salah satu sarana utama tujuan UEFA untuk mengubah kegembiraan turnamen yang berlangsung selama sebulan itu menjadi warisan jangka panjang. Tidak hanya di negara tuan rumah tetapi juga di seluruh sepak bola dan masyarakat Eropa. 

Sejak diluncurkan di Euro 2004, dana solidaritas olahraga terbesar di dunia ini telah menyalurkan rata-rata dua pertiga pendapatan bersih turnamen tersebut ke asosiasi-asosiasi Eropa untuk diinvestasikan dalam mengembangkan olahraga tersebut.

Dari Mana Saja Pendapatan Berasal

1. Hak Siar untuk Media

Euro adalah kompetisi yang sangat populer, menampilkan banyak pesepak bola terbaik di dunia. Kualitas pertunjukan dan drama di lapangan menjadikan acara ini sangat populer, dengan jutaan orang di seluruh dunia ingin menontonnya. 

Bagi stasiun-stasiun televisi dan media, hal ini sudah jelas menawarkan jangkauan dan nilai yang sangat besar.

Artinya, penjualan hak media untuk menyiarkan pertandingan secara langsung di televisi dan saluran lain seperti live streaming, mewakili proporsi terbesar dari total pendapatan Euro 2024

Nilai hak siar media untuk Euro 2024 diperkirakan bakal melampaui pendapatan Euro 2020 dari sektor ini yang menembus 1,135 miliar euro.

2. Sponsor Global

Daya tarik Euro yang sudah global juga merupakan pendorong utama aliran pendapatan utama lainnya untuk turnamen ini: sponsor.

Dengan menawarkan peluang bagi organisasi untuk mendapatkan paparan terhadap jutaan penggemar dan penonton, turnamen ini menarik banyak perusahaan dan merek terbesar di dunia. 

Alipay+, Booking.com, Coca-Cola, Unilever, adalah beberapa perusahaan besar yang memilih untuk bermitra dengan Euro 2024 sebagai sponsor global resmi.

3. Tiket, Perhotelan, dan Perizinan

Permintaan lebih dari dua setengah juta tiket pertandingan yang tersedia untuk Euro 2024 sangat besar. Jumlah itu diperkirakan akan terjual habis di 10 stadion tuan rumah di Jerman. 

Biaya masing-masing tiket tersebut, serta penjualan perhotelan, membantu menutupi biaya operasional turnamen. 

Menjual biaya lisensi kepada perusahaan untuk memproduksi suvenir (merchandise) resmi turnamen juga merupakan sumber pendapatan utama lainnya. Di mana pun mereka menonton pertandingan – di stadion atau di rumah – para penggemar dapat merasakan semangat Euro dengan membeli berbagai produk bermerek, mulai dari program turnamen dan album stiker hingga pakaian dan memorabilia.

Ke Mana Pendapatan dari Euro Mengalir

Setelah menutupi biaya pengorganisasian Euro, UEFA menginvestasikan sebanyak mungkin pendapatan bersih dari turnamen untuk kembali ke dalam permainan.

1. Mendukung Perkembangan Sepak Bola

Program UEFA HatTrick adalah pendorong utama bagaimana UEFA menginvestasikan kembali dana yang dihasilkan oleh Euro ke sepak bola lagi. 

Sejak tahun 2004, HatTrick telah mendistribusikan rata-rata dua pertiga dari setiap pendapatan bersih Euro untuk mendanai proyek pengembangan di 55 asosiasi sepak bola Eropa. Manfaatnya menyentuh setiap tingkat piramida sepak bola nasional mereka. 

Secara lokal, dana ini digunakan untuk melakukan lapangan kecil, pengembangan klub, pendidikan pelatih amatir, sepak bola di sekolah, dan banyak inisiatif akar rumput lainnya yang memberikan kesempatan kepada lebih banyak orang untuk terlibat dalam olahraga ini tanpa memandang kemampuan, usia, jenis kelamin, atau etnis. 

Secara nasional, hal ini memungkinkan asosiasi untuk meningkatkan infrastruktur sepak bola dan berinvestasi pada pemain, pelatih, wasit, dan administrator yang akan menggunakan fasilitas baru tersebut. 

Euro 2024 akan meninggalkan warisan sepak bola abadi di seluruh benua dengan mengalokasikan dana sebesar 935 juta euro kepada asosiasi untuk membangun lebih dari 800 proyek yang telah dilaksanakan selama 20 tahun program HatTrick.

2. Hadiah Uang dan Keuntungan Klub

Pendapatan komersial dari Euro juga didistribusikan melalui kombinasi hadiah uang dan program manfaat klub, yang mengakui klub-klub domestik Eropa yang melepas pemain mereka untuk berkontribusi pada kesuksesan turnamen. 

Hadiah uang di Euro 2024 berjumlah 331 juta euro dengan pembagian berdasarkan: 

  • Partisipasi: 222 juta euro (9,25 juta euro untuk masing-masing dari 24 asosiasi yang berpartisipasi)
  • Performa turnamen: 109 juta euro (dialokasikan berdasarkan hasil penyisihan grup dan penampilan di babak sistem gugur.) Pemenang dapat mengumpulkan potensi bonus terkait performa sebesar 28,5 juta euro (sekira Rp502,97 miliar).

Total pendanaan untuk program tunjangan klub Euro 2024 berjumlah 240 juta euro. Perhitungan pembayaran spesifik untuk masing-masing klub akan mencerminkan:

  • Jumlah pemain yang dilepas ke tim nasional negara peserta
  • Jumlah hari yang dihabiskan setiap pemain di turnamen
  • Kategorisasi klub FIFA untuk kompensasi pelatihan 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat