sveosportu.com

Euro 2024: Head to Head Belanda vs Inggris

Kapten Belanda, Virgil van Dijk (kiri) dan kapten Timnas Inggris, Harry Kane. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

- Belanda dan Inggris akan bertemu dalam semifinal Euro 2024. Pertandingan dua tim besar dunia ini digelar Rabu (10/7/2024) malam waktu setempat atau Kamis pukul 02.00 WIB.

Belanda vs Inggris merupakan duel dua tim yang juga memiliki rivalitas kental.

Dalam sejarahnya, Belanda dan Inggris atau sebaliknya telah bertemu dalam 31 pertandingan di semua ajang.

Dari semua laga tersebut, Inggris unggul dengan 13 kemenangan, Belanda 9 kemenangan, dan 9 laga lainnya berakhir imbang.

Pertemuan terakhir keduanya terjadi pada 6 Juni 2019 silam di di semifinal Liga Negara Eropa 2018-2019. Saat itu, Belanda menang 3-1 pada pertandingan yang membutuhkan perpanjangan waktu.

Meski Inggris unggul dari head to head total pertemuan, namun dalam 10 pertemuan terakhir, The Three Lions hanya meraih dua kemenangan lawan Oranje.

Dua kemenangan itu diraih pada fase grup Euro 1996, 4-1 dan kemenangan di laga uji coba terakhir yaitu pada 23 Maret 2018 silam, 1-0.

Selebihnya, dalam 10 laga terakhir itu pula, Belanda meraih 4 kemenangan dengan 4 laga lainnya imbang, termasuk kemenangan di semifinal Liga Negara Eropa 2018-2019 itu.

Dengan pertandingan semifinal Euro 2024 ini pula, akan menjadi pertemuan keempat di antara Inggris dan Belanda di ajang besar sepak bola (Piala Dunia dan Piala Eropa).

Dari tiga pertandingan turnamen besar sebelumnya, masing-masing meraih satu kemenangan dengan satu laga lainnya imbang.

Kini, Virgil van Dijk dan kawan-kawan akan menghadapi Timnas Inggris. Sejumlah pemain tentu sudah dikenal kapten Oranje ini.

Sebagai kapten Liverpool, dia akan bertemu dengan bintang seperti Bukayo Saka (Arsenal), Phil Foden (Manchester City), atau juga Harry Kante tentunya, bintang Tottenham Hotspur yang di awal musim 2023-2024 lalu bergabung ke Bayern Munchen.

Head to Head Belanda vs Inggris

31 Pertemuan

9 Belanda menang

13 Inggris menang

9 Imbang

Berikut Ini Pertemuan Belanda dan Inggris di Ajang Besar Internasional (Piala Dunia dan Piala Eropa):

Euro 1996, Fase Grup, Belanda 1-4 Inggris

Inggris sebagai tuan rumah Euro 1996 berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 4-1 di Stadion Wembley.

Pada laga ini, duet Inggris pada masa ini yaitu Alan Shearer dan Teddy Sheringham, masing-masing mencetak dua gol.

Sedangkan satu-satunya gol Oranje di laga ini diciptakan Patrick Kluivert.

Piala Dunia 1990, Fase Grup, Inggris 0-0 Belanda

Inggris di bawah asuhan Sir Bobby Robson sedangkan Belanda bersama pelatih Leo Beenhakker.

Laga ini berakhir imbang tanpa gol (0-0). Gary Lineker, John Barnes, Paul Gascoigne, dan Bryan Robson di antara bintang Inggris ketika itu termasuk Peter Shilton di bawah mistar.

Euro 1988, Fase Grup, Inggris 1-3 Belanda

Laga di fase grup Euro 1988 ini akan diingat dengan hat-trick yang diciptakan penyerang Timnas Belanda ketika itu, Marco van Basten.

Marco van Basten mencetak tiga gol tersebut pada menit ke-44, 73, dan 76. Dua gol pertama Marco van Basten tercipta karena assist Ruud Gullit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat