sveosportu.com

Pemain asal Basque di Skuad Spanyol

Mikel Oyarzabal, bintang klub Real Sociedad. (Hendy Andika/Skor.id).

- Timnas Spanyol untuk Euro 2024 berbeda dibandingkan dengan skuad di ajang besar sebelumnya.

Timnas Spanyol saat ini sangat kental dengan aroma Basque. Dari 26 pemain skuad La Roja, 9 pemain di antaranya merupakan pemain asal Basque.

Dari skuad Spanyol saat ini, ada Alex Remiro, Robin Le Normand, Martin Zubimendi, Mikel Merino, dan Mikel Oyarzabal.

Sedangkan Unai Simon, Dani Vivian, dan Nico Williams dari Athletic Bilbao. Dapat ditambahkan dengan Aymeric Laporte, bek asli Bilbao yang kini bermain di Al Nassr (Arab Saudi).

"Ini merupakan refleksi dari bagusnya para akademi tim-tim asal Basque," kata Mikel Oyarzabal, mengomentari banyaknya pemain asal Basque di skuad Spanyol untuk Euro 2024.

"Di wilayah Basque, kini semakin terlihat adanya keterkaitan yang sangat baik antara pemain muda ke level senior dan ini sudah terbukti di klub Real Sociedad dan Athletic Bilbao," Mikel Oyarzabal menambahkan.

Mikel Oyarzabal sendiri menjadi perhatian ketika dirinya mencetak hat-trick dalam laga uji coba saat Spanyol menang 5-0 atas Andorra, 5 Juni 2024 lalu.

Itu merupakan hat-trick pertama dalam kariernya di timnas Spanyol.

Basque adalah sebuah wilayah di perbatasan antara Spanyol dan Prancis di pesisir utara. Bilbao merupakan kota terbesar dari wilayah Basque.

Orang-orang Basque juga memiliki bahasa yang berbeda. Selain berbahasa Spanyol atau Prancis, mereka memiliki bahasa sendiri yaitu bahasa Euskara.

Basque juga memiliki Timnas, namun hanya diperbolehkan untuk tampil di ajang-ajang uji coba. Mereka tetap berada di bawah struktur dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

Bukan kebetulan pula jika skuad Spanyol di Euro 2024 ini cukup banyak pemain yang berdarah Basque. Ini ditandai pula oleh suksesnya dua klub asal Basque tersebut.

Athletic Bilbao contohnya, yang tampil juara Piala Raja (Copa del Rey) pada 2023-2024 ini setelah mengalahkan Mallorca di final.

Sementara itu, Real Sociedad berhasil meraih posisi ke-6 klasemen akhir La Liga 2023-2024. Mereka tepat di bawah Athletic Bilbao yang meraih peringkat kelima.

Dengan demikian, musim depan (2024-2025), tim Spanyol yang tampil di ajang Liga Europa diwakili oleh dua tim asal Basque: Athletic Bilbao dan Real Sociedad.

Di sisi lain, sukses dua klub tersebut telah memengaruhi pula pemain asal Basque untuk masuk Timnas Spanyol, yang biasanya lebih sering didominasi oleh pemain dari dua tim raksasa: Real Madrid dan Barcelona.

Dominasi Real Madrid dan Barcelona di Timnas Spanyol, salah satu puncaknya terjadi di Piala Dunia 2010. Dari 23 pemain di skuad Spanyol saat itu, 12 di antaranya berasal dari Real Madrid dan Barcelona.

Karena itu, dengan 9 pemain yang berasal dari Basque, memberikan pesan kembalinya sepak bola etnis Basque.

Sebelumnya, klub-klub asal Basque pun berperan pula dengan dipanggilnya pemain mereka untuk ajang-ajang internasional.

Setidaknya, kali ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan 20 tahun lalu, di Piala Eropa 2004 di mana hanya tiga pemain dari dua klub Basque ini.

Mereka adalah Xabi Alonso (Real Sociedad), Daniel Aranzubia dan Joseba Etxeberria (Athletic Bilbao).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat