sveosportu.com

N'Golo Kante Masuk Skuad Prancis untuk Euro 2024

N'Golo Kante, gelandang Timnas Prancis. (Jovi Arnanda/Skor.id).

- N'Golo Kante datang lagi untuk Timnas Prancis. Gelandang berusia 33 tahun ini masuk dalam daftar 25 pemain skuad awal untuk Euro 2024, yang diumumkan pelatih Didier Deschamps, Kamis (16/5/2024) malam atau Jumat dini hari WIB.

Kembalinya N'Golo Kante dalam daftar skuad Timnnas Prancis menjadi kejutan dari pengumuman yang disampaikan Didier Deschamps. Pasalnya, sudah dua tahun N'Golo Kante tidak pernah lagi tampil untuk Les Bleus.

Penampilan terakhir N'Golo Kante bersama Timnas Prancis terjadi di ajang UEFA Nations League, 3 Juni 2022 menghadapi Denmark.

Pemanggilan N'Golo Kante memang tidak diduga sebelumnya. Selain sudah cukup lama tidak pernah lagi tampil untuk Timnas Prancis, kariernya yang bermain bukan di klub Eropa juga membuatnya dinilai sulit kembali main untuk Les Bleus.

N'Golo Kante meninggalkan Chelsea pada 2023 untuk bergabung ke Al Ittihad, klub Arab Saudi. Keputusannya bermain di Liga Arab Saudi juga disebabkan karena kondisinya yang beberapa kali mengalami cedera.

Namun, Didier Deschamps menyatakan bahwa N'Golo Kante pantas mendapatkan kesempatan ini, masuk dalam skuad awal yang dibawa tampil di ajang Euro 2024 yang akan digelar mulai 14 Juni 2024 di Jerman.

"NG (N'Golo Kante), tidak masalah terkait situasinya, tidak pernah ada persoalan," kata Didier Deschamps, saat mengumumkan 25 pemain yang dipanggilnya ke Timnas Prancis untuk Euro 2024.

"Semua menyukainya, setiap orang di tim Prancis suka dengan dirinya," kata Didier Deschamps lagi, tersenyum.

Didier Deschamps lalu menyatakan alasan utamanya memanggil N'Golo Kante masuk skuad Timnas Prancis untuk Euro 2024.

"N'Golo Kante tampil reguler dalam semusim di klubnya. Dia memang tidak bermain di klub Eropa tapi di Arab Saudi namun dia telah mendapatkan kembali kondisi fisiknya yang terbaik," kata Didier Deschamps kepada French TV.

"Dan, saya menilai, bersama N'Golo Kante dengan pengalaman yang dimilikinya dan latar belakangnya di timnas, saya yakin kami akan menjadi tim yang semakin kuat," dia menegaskan.

N'Golo Kante memang pemain berpengalaman dan juga menjadi kunci sukses Timnas Prancis.

Tampil dalam 53 laga untuk Les Blues dan menorehkan 2 gol, mantan bintang Leicester City ini bagian penting dari sukses Prancis meraih gelar Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations League 2020-2021.

Sebagai gelandang, N'Golo Kante merupakan pemain tipikal pekerja yang mampu menghentikan alur serangan lawan, baik lewat tackle maupun kemampuannya dalam duel satu lawan satu.

Dalam sejumlah momen, dia juga memiliki kemampuan dalam melakukan tekanan dan menggiring bola hingga ke jantung pertahanan lawan.

Selain N'Golo Kante yang menjadi kejutan di skuad Timnas Prancis, nama Bradley Barcola juga menarik perhatian karena ini kali pertama pemain berusia 21 tahun tersebut dipanggil.

Pemanggilan terhadap Bradley Barcola tidak terlepas dari penampilan pemain muda ini di Paris Saint-Germain (PSG) musim lalu di mana dia total tampil dalam 38 laga di semua ajang dan mencetak 5 gol.

Mantan pemain Lyon ini merupakan pemain sayap yang memiliki kecepatan dan kemampuan menggiring bola yang baik.

Salah satu performa terbaiknya musim ini di laga menghadapi Barcelona yang membuat Paris Saint-Germain melaju ke semifinal Liga Champions 2023-2024.

Sejumlah nama lain yang menjadi kejutan adalah Ferland Mendy, bek kiri Real Madrid yang juga kali terakhir tampil untuk Timnas Prancis pada September 2022.

Didier Deschamps masih memiliki waktu untuk menentukan skuad akhir (final) sebelum 7 Juni 2024.

Tanggal tersebut merupakan batas akhir setiap tim mengajukan daftar final dari skuad mereka masing-masing, minimal 23 pemain dan maksimal 26 pemain.

Timnas Prancis berada di Grup D pada Euro 2024 nanti bersama Austria, Belanda, dan Polandia. Sebelum tampil di Euro 2024, Prancis akan melakoni dua laga uji coba yaitu lawan Luksemburg dan Kanada.

Berikut Ini Skuad Awal Timnas Prancis untuk Euro 2024:

Kiper: Alphonse Areola (West Ham), Mike Maignan (AC Milan), Brice Samba (Lens)

Belakang: Jonathan Clauss (Marseille), Theo Hernandez (AC Milan), Ibrahima Konate (Liverpool), Jules Kounde (Barcelona), Ferland Mendy (Real Madrid), Benjamin Pavard (Inter Milan), William Saliba (Arsenal), Dayot Upamecano (Bayern Munchen)

Tengah: Eduardo Camavinga (Real Madrid), Youssouf Fofana (Monaco), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), N'Golo Kante (Al-Ittihad), Adrien Rabiot (Juventus), Aurelien Tchouameni (Real Madrid), Warren Zaire-Emery (Paris Saint-Germain)

Depan: Bradley Barcola (Paris Saint-Germain), Kingsley Coman (Bayern Munchen), Ousmane Dembele (Paris Saint-Germain), Olivier Giroud (AC Milan), Randal Kolo Muani (Paris Saint-Germain), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Marcus Thuram (Inter Milan)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat