sveosportu.com

Euro 2024: Pencetak Hat-trick dalam Sejarah Piala Eropa

Marco van Basten, Michel Platini, dan David Villa (foto ki-ka) adalah tiga dari tujuh nama pencetak hat-trick dalam sejarah Piala Eropa. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

– Menjelang dimulainya Euro 2024, 14 Juni mendatang, hanya ada delapan hat-trick yang terjadi di Kejuaraan Sepak Bola Eropa tersebut. 

Dari delapan hat-trick itu, dua di antaranya dilakukan satu pemain dalam satu turnamen, hingga menjadi rekor sampai saat ini. Berikut para pencetak hat-trick di Euro sampai menjelang dimulainya edisi ke-17 pada Jumat nanti.

Dieter Muller: semifinal 1976, Yugoslavia 2-4 Jerman Barat (extra time)  

Jarang ada pemain yang bisa melakukan debut internasional eksplosif seperti yang dilakukan Dieter Muller. Jerman Barat di ambang kekalahan dan tersingkir usai tertinggal 1-2 saat Muller masuk dari bangku cadangan untuk membuat penampilan terbaiknya di sisa waktu 11 menit. 

Hanya tiga menit kemudian, Muller membuat kedudukan menjadi 2-2 sehingga memaksa digelarnya waktu tambahan (extra time). Dua gol lagi dari Muller melengkapi comeback yang mengesankan dan hat-trick luar biasa striker yang kala itu membela 1. FC Koln.

Klaus Allofs: fase grup 1980, Jerman Barat 3-2 Belanda 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat