sveosportu.com

Euro 2024: Seragam Formal Italia Terinspirasi Outfit 1928

Seragam formal Timnas Italia di Euro 2024 buatan Emporio Armani tidak hanya modis namun juga bernuansa retro. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

– Ada yang menarik dari setelan yang dikenakan pelatih Timnas Italia Luciano Spalletti dan sejumlah stafnya saat mendampingi para pemainnya mengalahkan Albania, 2-1, pada laga pertama Grup B Euro 2024 di Westfalenstadion, Dortmund, Jerman, Sabtu (15/6/2024) pekan lalu.

Di sisi lapangan, Spalletti tampak mengenakan setelan jas resmi, dengan logo Federasi Sepak Bola Italia (Federazione Italiana Giuoco Calcio/FIGC) lengkap dengan empat bintang di atasnya pada area dada kiri. 

Yang menarik adalah tulisan ITALIA di bagian punggung, sehingga mengesankan setelan yang dikenakan Spalletti dan stafnya bukan seragam formal, namun menjadi mirip jaket training.

Seragam formal Gli Azzurri yang terlihat sangat modis itu ternyata keluaran merek fesyen terkemuka, Emporio Armani. Merek kedua dari keluarga Armani – setelah Giorgio Armani – itu selama ini dikenal fokus pada tren dan gaya modern. 

Merek yang didirikan pada tahun 1981 asal Italia itu selama ini dikenal sebagai salah satu brand mewah di dunia karena bahan berkualitas tinggi, pengerjaan luar biasa, dan desainnya nan ikonik.

Setelah di edisi 2021 Gli Azzurri mengangkat trofi di langit Wembley dengan mengenakan busana rumah mode karya desainer asal Piacenza, tahun ini Emporio Armani kembali menciptakan seragam formal baru untuk juara Eropa dua (1968, 2020) kali itu.

Dari jaket abu-abu tanpa kerah dan kerah ala Korea serta celana panjang hitam, seragam formal Timnas Italia beralih ke outfit baru yang dilengkapi bahan denim dan kemeja biru muda.

Terdiri dari jaket biru dua kancing dengan tulisan ITALIA di bagian belakang (tepatnya punggung), dipadukan dengan celana denim lurus dan kemeja biru muda.

Jaket rajut berbahan katun ini terinspirasi dari yang dikenakan oleh para pemaain Timnas Italia pada tahun 1928, juga mengambil gambar emblem yang ditempatkan pada saku tinggi.

Warna, bahan yang nyaman, serta garis yang dinamis dan elegan mencerminkan semangat otentik merek tersebut. 

Inisiatif ini merupakan bagian dari rencana kolaborasi empat tahun, yang ditandatangani pada tahun 2019 oleh Giorgio Armani dengan FIGC, untuk pembuatan pakaian formal Emporio Armani untuk tim nasional sepak bola Italia, skuad U-21, dan Tim Nasional Wanita. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat