sveosportu.com

Euro 2024: Fakta Menarik Belanda vs Turki

Fakta menarik dari laga perempat final Belanda vs Turki di Euro 2024. (Yusuf/Skor.id).

- Belanda dan Turki akan bertemu dalam perempat final Euro 2024. Laga Belanda vs Turki akan digelar pada Minggu (7/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Belanda dan Turki bertemu di perempat final untuk kali pertama di ajang Piala Eropa (Euro). Namun demikian, Belanda dan Turki pernah bertemu di ajang seperti kualifikasi dan uji coba.

Belanda asuhan Ronald Koeman lolos setelah menyingkirkan Rumania di 16 besar, sedangkah Turki ke perempat final dengan mengalahkan Austria.

Kedua tim melangkah ke perempat final dengan cara yang berbeda. Kemenangan Belanda dengan tiga gol ke gawang Rumania, semuanya tercipta dari proses bola berjalan.

Sedangkan dua gol yang diciptakan Turki ke gawang Austria, diciptakan dengan skema yang sama, keduanya dari situasi tendangan sudut.

Kini, kedua tim bertemu di Stadion Olympia Berlin untuk memperebutkan tiket semifinal Euro 2024.

Jelang laga ini pula, merangkum sejumlah fakta menarik dari pertandingan Belanda dan Turki, baik sejarah pertemuan keduanya maupun rekor masing-masing tim.

Berikut fakta menarik Belanda vs Turki, laga yang akan digelar pada dini hari nanti WIB:

1. Pada Piala Dunia 2002 dan Euro 2024, hanya satu pemain Eropa yang memiliki gol lebih banyak dibandingkan dengan Cody Gakpo (6 gol), yaitu Kylian Mbappe (Prancis) dengan 9 gol. Dari 6 gol tersebut, semuanya diciptakan Cody Gakpo dalam laga yang berbeda. Hanya tiga pemain yang mencetak gol lebih banyak di jumlah laga yang berbeda yaitu Dennis Bergkmap (10), Robin van Persie (8), dan Wesley Sneijder (7).

2. Ini akan menjadi pertemuan ke-15 antara Belanda dan Turki. Dari jumlah tersebut, Belanda meraih 6 kemenangan, Turki 4 kemenangan, dan 4 laga lainnya berakhir imbang. Ini kali pertama kedua tim bertemu dalam turnamen besar seperti Piala Dunia dan Piala Eropa.

3. Belanda vs Turki kerap menampilkan festival gol. Dalam dua pertemuan terakhir keduanya, total 13 gol tercipta (rata-rata 6,5 ​​per pertandingan): kemenangan 4-2 untuk Turki pada Maret 2021 dan kemenangan Belanda 6-1 pada September 2021, keduanya di kualifikasi untuk Piala Dunia 2022.

4. Dari tujuh laga terakhir Belanda di perempat final dalam ajang besar (Piala Dunia dan Piala Eropa), lima di antaranya menang dan lolos ke semifinal.

5. Bagi Timnas Turki, ini kali keempat mereka tampil di perempat final ajang besar setelah Euro 2000, Piala Dunia 2002, dan Euro 2008. Dalam dua pertandingan terakhir mereka mencapai semifinal, sementara EURO 2000 tersingkir dengan kekalahan 0-2 lawan Portugal.

6. Belanda hanya lolos dalam tiga kali dari sembilan pertandingan knockout terakhir mereka di Piala Eropa. Setelah mengalahkan Rumania 3-0 di 16 besar tahun ini, Oranje memiliki peluang meraih dua kemenangan dalam knockout pada satu edisi Piala Eropa untuk kedua kalinya sejak EURO 1988. Saat itu, mereka memenangkan gelar Euro.

7. Turki berpeluang meraih tiga kemenangan beruntun di ajang Piala Eropa untuk pertama kali dalam sejarah mereka. Dan, jika itu terjadi akan menjadi kali kedua yang mereka raih di ajang besar setelah mengukirnya pada Piala Dunia 2002.

8. Timnas Turki telah mengoleksi 18 kartu kuning di Euro 2024 ini. Dalam sejarah Piala Eropa, hanya Republik Ceko pada Euro 1996 yang mengoleksi kartu lebih banyak dalam satu kejuaraan ajang ini, yaitu 20 kartu (19 kartu kuning, 1 kartu merah).

9. Antara fase grup dan 16 besar di Euro 2024 ini, Tijjani Reijnders 10 kali berhasil menembus garis pertahanan lawan (Line Breaking Passes) dari umpan satu dua (rondo). Hanya dua pemain yang lebih banyak berhasil melakukannya dalam Euro 2024 ini yaitu Joshua Kimmich (14) and Kevin De Bruyne (11). Dari 6 line breaking passes Tijjani Reijnders, 5 di antaranya dibuatnya dalam satu laga yaitu saat lawan Rumania.

10. Pada Euro 2024 ini, ada 6 laga di mana Timnas Turki menurunkan pemain yang usianya di bawah 20 tahun. Tiga laga Kenan Yildiz dan tiga laga Arda Guler. Jumlah tersebut membuat Timnas Turki menyamai pencapaian Timnas Spanyol pada Euro 2020 (6 laga yaitu Pedri).

Bagi yang ingin ngobrol langsung tentang Euro 2024 Belanda vs Turki, dini hari nanti, langsung aja join ke Live Room Stadeo, dengan hostnya Jordanmasien dan Hendi. Live Room akan mulai pada Minggu (7/7/2024) jam 01.30 WIB, jangan sampai ketinggalan ya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat