sveosportu.com

Fakta Menarik Belgia vs Rumania di Euro 2024

Belgia akan menjalani laga hidup-mati di Euro 2024 saat menghadapi Rumania di Grup E pada Minggu (23/6/2024) dini haari mulai pukull 02.00 WIB (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

 – Pertandingan seru akan terjadi di Grup E Euro 2024 saat Belgia melawan Rumania digelar di Cologne Stadium, Jerman, pada Sabtu (22/6/2024) malam waktu setempat atau Minggu mulai pukul 02.00 dini hari WIB. 

Laga dini hari nanti menjadi ironi bagi Belgia, salah satu favorit juara di Euro 2024 yang juga peringkat ketiga dunia (FIFA) dan ke-8 Eropa (UEFA). Jika kalah, De Rode Duivels dipastikan tersingkir karena hingga laga melawan Rumania belum mendapatkan poin. 

Sebaliknya Rumania. Datang ke Jerman sebagai tim yang sama sekali tidak diunggulkan, Nicolae Stanciu dan kawan-kawan justru mampu memimpin klasemen berkat selisih gol yang lebih baik. 

Persaingan di Grup E ini sama sekali di luar prediksi karena selain Rumania, dua tim lainnya yakni Ukraina dan Slovakia juga mengoleksi poin yang sama. Tidak ada hasil imbang dari tiga pertandingan yang sudah digelar di grup ini.

Rumania menghantam Ukraina, 3-0, pada duel pertama. Lalu, Belgia di luar dugaan menyerah 0-1 dari Slovakia. Pada pertandingan kedua, Ukraina bangkit dengan menggasak Slovakia, 2-1. 

Itulah mengapa pertandingan dini hari nanti akan sangat krusia bagi Belgia, runner-up Euro 1980, untuk menjaga reputasi sebagai salah satu tim elite di dunia. Jelang laga Belgia vs Rumania,  coba menampilkan sejumlah fakta menarik kedua tim. 

Berikut sejumlah fakta menarik menjelang pertandingan Belgia vs Turki: 

1. Belgia dan Rumania akan bertemu untuk kali pertama sebuah turnamen besar (Piala Dunia ataupun Euro) pada laga dini hari nanti. Ini juga akan menjadi pertemuan pertama kedua tim sejak laga persahabatan di Bucharest pada November 2012 yang dimenangi tuan rumah Rumania, 2-1. 

2. Neraca antara Belgia dan Rumania sejauh ini seimbang dengan masing-masing lima kemenangan dan dua kali seri. Dalam periode terkini, Belgia hanya memenangi satu dari lima pertandingan melawan Tricolorii (lainnya imbang 1, kalah 3) dengan skor 2-1 dalam laga persahabatan di Liege pada bulan November 2011.

3. Melawan Rumania pada dini hari nanti, Belgia bisa kalah dalam dua pertandingan pertama Piala Eropa untuk pertama kalinya. Kali terakhir hal ini terjadi di turnamen besar adalah pada tahun 1930, di Piala Dunia edisi pertama.

4. Setelah kemenangan 3-0 atas Ukraina di laga pertama Piala Eropa 2024, Rumania bisa memenangi dua pertandingan di turnamen besar (Piala Dunia atau Euro) yang sama untuk kali ketiga kalinya. Sebelumnya, Tricolorii melakukannya pada 1994 (3 kemenangan) dan 1998 (2) yang semua dibuat di fase grup (babak pertama) Piala Dunia.

5. Setelah meraih 13 kemenangan dalam 14 pertandingan (kalah 1) di babak penyisihan grup turnamen besar (Piala Dunia dan Euro), Belgia telah menjalani tiga pertandingan berturut-turut di putaran final (imbang 1, kalah 2). Hal ini belum pernah terjadi sejak empat pertandingan berturut-turut yang mereka mainkan di putaran final antara Euro 2000 dan Piala Dunia 2002 (2 kalah, 2 imbang).

6. Di laga pertama Euro 2024 melawan Ukraina (3-0), Rumania meraih kemenangan terbesarnya di turnamen besar (Piala Dunia dan atau Euro). Terlebih lagi, inilah kali kedua Rumania mencetak setidaknya tiga gol di Piala Eropa, dari total enam edisi yang diikutinya (di Euro 2000 mereka mencetak empat gol dalam satu pertandingan).

7. Rumania – peringkat ke-26 Eropa dan 47 dunia – hanya 29% menguasai bola saat melawan Ukraina di Euro 2024. Sejak tahun 1980 (saat data mulai tersedia), belum pernah ada tim yang memenangi pertandingan dengan persentase penguasaan bola serendah itu di Piala Eropa. Meski begitu, Rumania hanya mengalami dua tembakan tepat sasaran, yang juga kali pertama di turnamen besar sejak pertandingan melawan Prancis di Euro 2008 (1).

8. Belgia gagal mencetak gol dalam tiga pertandingan berturut-turut di turnamen besar (Piala Dunia dan atau Euro) untuk pertama kalinya (dalam 74 pertandingan). Dalam tiga pertandingan ini, Setan Merah mencatatkan 42 tembakan, yang 11 di antaranya tepat sasaran, dan nilai Expected Goals (xG) sebesar 5,7.

9. Sembilan dari 11 gol striker Belgia Romelu Lukaku antara Euro dan Piala Dunia terjadi di babak penyisihan grup, termasuk tiga di Euro 2020. Namun, ia mungkin gagal mencetak gol dalam dua penampilan berturut-turut di turnamen besar untuk kali pertama sejak Piala Dunia 2018 (4 kali berturut-turut).

10. Dennis Man membuat dua assist saat melawan Ukraina, menjadi orang Rumania pertama yang memberikan lebih dari satu assist dalam pertandingan Piala Eropa. Sejak penunjukan pelatih Rumania Edward Iordanescu pada Januari 2022, tidak ada pemain Rumania yang mencetak lebih banyak gol daripada Man (4 gol) dan memberikan assist lebih banyak darinya (4) untuk Rumania. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat