sveosportu.com

Kata PBSI soal Batalnya Farewell Party Minions di Istora

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, ganda putra Indonesia. (Hendy AS/Skor.id)

– PBSI membatalkan acara perpisahan alias farewell yang didedikasikan untuk Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Pada awalnya, acara perpisahan bagi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sedianya akan diselenggarakan pada hari terakhir Indonesia Open 2024. 

Acara khusus itu digelar sebagai bentuk apresiasi, penghormatan, dan ucapan terima kasih atas prestasi serta dedikasi yang ditorehkan oleh pasangan berjulukan Minions tersebut.

Namun, rencana itu urung terlaksana lantaran Marcus Fernaldi Gideon sudah lebih dulu punya agenda pada Minggu (9/6/2024) yang jadi hari pamungkas Indonesia Open 2024. 

“Kami merencanakan menggelar acara perpisahan bagi Minions pada hari final turnamen Indonesia Open,” kata Ricky Soebagdja selaku Kabid Binpres PP PBSI

“Sayangnya, pada hari itu Marcus berhalangan karena dia memiliki agenda lain yang tidak bisa ditunda.”

“Karena Marcus tidak bisa hadir di acara perpisahan yang telah direncanakan oleh PBSI tersebut, maka acara perpisahan bagi Minions pun batal digelar,” katanya.

Ricky Soebagdja menambahkan bahwa PBSI sejatinya ingin membuat semacam tradisi berupa acara seremoni spesial bagi pemain yang menyatakan gantung raket. 

Sebelumnya, acara perpisahan serupa sudah pernah digelar PBSI untuk Greysia Polii pada final Indonesia Masters 2022.

Dua tahun sebelumnya, PBSI menggelar farewell party untuk Liliyana Natsir yang pada hari itu tampil di final Indonesia Masters 2019 bersama Tontowi Ahmad.

“Acara perpisahan ini sejatinya merupakan wujud apresiasi, penghormatan, dan ucapan terima kasih PBSI kepada Marcus/Kevin,” kata peraih emas Olimpiade Atlanta 1996 ini. 

“Maklum, selama bermain, Minions itu telah mencatatkan prestasi dan dedikasi yang luar biasa bagi dunia bulu tangkis Indonesia.”

The Minions sendiri sudah tak akan lagi meramaikan persaingan ganda putra dunia usai Kevin Sanjaya Sukamuljo secara resmi pensiun dari dunia bulu tangkis pada 16 Mei 2024.

Melalui postingan di Instagram, Kevin menjelaskan alasan dirinya memutuskan menyudahi karier sebagai pebulu tangkis. Diakuinya, ini bukan keputusan yang mudah untuk diambil.

“Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan Marcus Fernaldi Gideon sampai saat ini, walau kami belum berhasil mendapat medali Olimpiade dan World Championship,” tulis Kevin.

“Namun, sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini. Saya telah berpikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk sampai di titik ini.”

Dengan keputusan ini, Kevin Sanjaya Sukamuljo menyusul Marcus Fernaldi Gideon yang lebih dulu mengumumkan pensiun pada 9 Maret lalu.

Sejak dipasangkan mulai 2015, Marcus/Kevin menjadi salah satu pasangan ganda putra terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Mereka tercatat sebagai pasangan ganda putra terlama yang pernah menduduki peringkat satu dunia. 

Minions mulai naik takhta peringkat satu dunia pada 28 September 2017 dan tidak tergeser hingga 20 September 2022 atau selama hampir lima tahun berturut-turut.

Berbagai prestasi pernah ditorehkan Minions saat masih menjadi andalan Merah Putih, mulai dari emas Asian Games 2018 hingga deretan gelar bergengsi Tur BWF seperti All England, Indonesia Open, Cina Open, hingga World Tour Finals.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat